Penerbangan Bandara SMB II Palembang Terganggu karena Kabut Asap

Bandara SMB II Palembang harus membuka Posko Kesehatan

Palembang, IDN Times - Penerbangan di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang sempat terganggu dan terhambat karena kabut asap yang kian menebal akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

"Minggu kedua September ini belum ada (penerbangan terganggu), tetapi kita sempat terganggu kabut asap pada 26 Agustus kemarin," ujar Executive General Manager SMB II Palembang, Iwan Winaya Mahdar, Minggu (17/9/2023).

Baca Juga: Kabut Asap Kembali Menebal di Padang, Kualitas Udara Menurun

1. Pembatalan penerbangan diputuskan pilot

Penerbangan Bandara SMB II Palembang Terganggu karena Kabut AsapSituasi di Stasiun LRT Bandara SMB II Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Keputusan penerbangan dibatalkan karena kabut asap yang mengganggu jarak pandang hingga di bawah jarak normal merupakan ketentuan dari pilot. Jarak pandang normal berada di atas 1.200 Meter untuk Runway II.

"Batalnya penerbangan semua keputusan pilot dari penglihatan jarak pandang terbang," kata dia.

Baca Juga: Kabut Asap Dikomplain Singapura, BNPB Ingatkan Harga Diri Bangsa

2. Penumpang Bandara SMB II Palembang capai 7 ribu orang

Penerbangan Bandara SMB II Palembang Terganggu karena Kabut AsapSituasi di Bandara SMB II Palembang (IDN Times/Istimewa)

Iwan mengatakan, selama kabut asap jumlah penumpang berkisar 7-8 ribu penumpang  dengan jumlah pergerakan pesawat antara 40 hingga 60 penerbangan. Umumnya saat waktu normal penumpang bisa mencapai 9 ribu orang.

"Setiap harinya terdapat sekitar 50 penerbangan yang beroperasi di bandara ini, dengan jumlah penumpang rata-rata sekitar 7.254 orang. Semoga nantinya ke depan juga tidak ada kendala akibat dampak karhutla," timpalnya.

3. Buka Posko Kesehatan di Bandara SMB II Palembang

Penerbangan Bandara SMB II Palembang Terganggu karena Kabut AsapBandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang (IDN Times/Istimewa)

Akibat kondisi kabut asap juga, Bandara SMB II Palembang membuka Posko kesehatan. Otoritas bandar bekerja sama Kantor Kesehatan Pelabuhan Palembang untuk melayani masyarakat yang terkena gangguan kesehatan.

"Posko kesehatan kita siapkan, termasuk untuk melayani para penumpang," kata dia.

Baca Juga: Asap Karhutla Selimuti Jalan Lintas Sumatra, Jarak Pandang Berkurang

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya