Pemkot Palembang Janji Buka Posko Komando Corona B117 

Posko bakal ada di setiap kelurahan di Palembang

Palembang, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) berjanji menyediakan posko untuk mengantisipasi penyebaran mutasi baru COVID-19. Layanan posko komando terpadu itu akan dibuka di setiap kelurahan.

"Seiring masih dalam penelitian, Pemkot berusaha mengantisipasi agar tidak menyebar cepat dengan membuka pos komando terpadu (Poskomandu)," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Palembang, Ratu Dewa, Jumat (19/8/2021).

1. Posko B117 di Palembang sekaligus posko COVID-19

Pemkot Palembang Janji Buka Posko Komando Corona B117 Ilustrasi nakes memeriksa pasien. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

Ia mengatakan, posko tersebut nantinya di bawah tanggung jawab Dinas Kesehatan (Dinkes) kota dan Satuan Gugus Tugas (Satgas), yang semula terbentuk dalam Tm Penanganan COVID-19.

"Jadi posko yang awalnya dibentuk untuk menekan penularan COVID-19, kini juga harus mengantisipasi penyebaran varian B117," kata dia.

Baca Juga: Pertama di Sumsel, RS Bhayangkara Palembang Gunakan 3 Unit Genose

2. Minta Dinkes Palembang lakukan penanganan B117 dengan jemput bola

Pemkot Palembang Janji Buka Posko Komando Corona B117 Ilustrasi pasien di rumah sakit. ANTARA FOTO/Olha Mulalinda

Menurut Dewa, sejumlah pihak yang menangani kasus tersebut harus aktif dengan teknis jemput bola. Seperti tim dari Puskesmas yang harus melakukan uji klinis cepat jika menerima pengaduan dari masyarakat.

"Dinas Kesehatan dengan seluruh Puskesmas harus proaktif, jemput bola jika ada laporan orang-orang yang bergejala corona B117," jelasnya.

3. Minta Satpol PP sidak di tempat ramai

Pemkot Palembang Janji Buka Posko Komando Corona B117 Ilustrasi situasi di rumah sakit Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Dewa juga menyampaikan, nantinya Poskomandu di 107 kelurahan harus memastikan 3T (tracing, testing, treatment), tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan di unit-unit layanan publik maupun pusat hiburan di daerah masing-masing.

"Nanti sekaligus minta bantuan Satpol PP sidak ke tempat ramai. Seperti acara pernikahan serta pasar-pasar, dengan pembagian zona Seberang Ilir dan Seberang Ulu," timpal dia.

4. Dinkes sudah terima arahan penanganan B117 di Palembang

Pemkot Palembang Janji Buka Posko Komando Corona B117 Plt Kadinkes Palembang dr Fauziah (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Plt Kepala Dinkes Palembang, dr Fauziah menambahkan, pihaknya telah mendapatkan arahan untuk membentuk tim penanganan dan pos komando terpadu B117. Namun saat ini Dinkes masih fokus melakukan vaksinasi COVID-19.

"Sudah ada (arahan) Dinkes diminta mengintensifkan koordinasi ke beberapa pihak, mulai tingkat kepala dinas hingga ketua RT pasca temuan kasus B117. Kita tetap aktif penanganan soal pengaduan sambil kita tetap fokus vaksinasi," katanya.

Baca Juga: Kronologi Varian Corona B117 Masuk ke Palembang

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya