Museum SMB II Palembang di BKB Bakal Direnovasi Akhir 2022 

Musem SMB II Palembang bakal dibuat sebagai ruang publik

Palembang, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang melalui Dinas Kebudayaan (Disbud) bakal merenovasi dan memperbarui konsep Museum Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II.

"Bersama pihak museum, renovasi segera dilaksanakan untuk menggaet kunjungan masyarakat," ujar Kepala Disbud Palembang, Agus Rizal, Minggu (29/5/2022).

1. Renovasi bakal dilakukan bertahap

Museum SMB II Palembang di BKB Bakal Direnovasi Akhir 2022 Ilustrasi Kota Palembang (IDN Times/Istimewa)

Progres renovasi Museum SMB II Palembang sedang dalam pembuatan konsep Detail Enggineering Design (DED). Pembangunan mulai dilakukan pada akhir 2022.

"Pasti bertahap (renovasi), jadi tentu kita lihat ke depan progresnya. Ssaat ini sedang mempersiapkannya matang-matang," kata dia.

Baca Juga: 6 Museum Palembang Simpan Benda Pra Sejarah Sumsel Hingga Modern

2. Akan ada perubahan desain tata letak pamer

Museum SMB II Palembang di BKB Bakal Direnovasi Akhir 2022 Museum Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Pengelola Museum SMB II Palembang sekaligus founder Indonesia Hidden Heritage, Nofa Farida Lestari Wazir, menyampaikan ada beberapa hal yang harus diubah untuk meningkatkan jumlah pengunjung.

"Seperti desain tata letak pamer museum. Jadi ada renovasi ulang," timpalnya.

Baca Juga: Museum Balaputera Dewa Selamatkan Benda Bersejarah dari Abad ke-16

3. Program place making di Museum SMB II Palembang

Museum SMB II Palembang di BKB Bakal Direnovasi Akhir 2022 Sultan Mahmud Badaruddin II, pahlawan nasional asal Palembang yang memimpin masa Kesultanan Palembang Darussalam dua periode (Facebook/Budaya Palembang Darussalam)

Terkait perubahan tata letak desain, pengelola bersama Pemkot akan bekerja sama AIM dari Australia terkait kajian tata letak pamer.

"Nanti ada program place making yang menjadikan kawasan museum sebagai ruang publik. Anak-anak muda mulai dari komunitas, pelajar, hingga lain-lain, bisa memanfaatkannya untuk berkreasi," tandas dia.

Baca Juga: Intip Rumah Pahlawan Nasional A.K. Gani di Palembang yang Jadi Museum

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya