Comscore Tracker

Lift di Jembatan Ampera Mulai Dipasang, Begini Penampakannya

Bobot lift di tiap menara Jembatan Ampera mencapai 3 ton

Palembang, IDN Times - Petugas Satuan Kerja Pelaksana Jalan Nasional (Satker PJN) 3 Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Jembatan Khusus BBPJN Sumsel, mulai memasang lift di Jembatan Ampera, Palembang.

"Pemasangan lift yang pertama sudah kita lakukan dan berlangsung sejak 18 November," ujar Ketua Satker PJN 3 PPK BBPJN Sumsel, Dicky Romansyah, Selasa (29/11/2022).

Baca Juga: Perempuan Terjun dari Jembatan Ampera Depresi Punya Tumor

1. Pemasangan lift menuai pro dan kontra

Lift di Jembatan Ampera Mulai Dipasang, Begini PenampakannyaJembatan Ampera ikon kota Palembang. (IDN Times/Deryardli Tiarhendi)

Meski mendapatkan banyak protes dari sejumlah kalangan dan komunitas cagar budaya, petugas tetap menjalankan proyek tersebut.

"Karena ini perintah kami tetap melanjutkan. Targetnya lift pertama ini selesai pertengahan Desember 2022," kata dia

Baca Juga: Gubernur Sumsel Beda Pendapat dengan Bawahan Soal Lift Jembatan Ampera

2. Lift hanya berkapasitas untuk 3-4 orang

Lift di Jembatan Ampera Mulai Dipasang, Begini PenampakannyaLift di Jembatan Ampera Palembang Mulai Dipasang (IDN Times/Dokumen)

Pemasangan lift di Jempatan Ampera Palembang memiliki batas kapasitas agar tidak menambah beban pada konstruksi dan bangunan jembatan. Jumlah orang yang bisa naik lift hanya 3-4 orang.

"Kami memasang lift ini sekitar empat minggu. Setelah selesai terpasang akan diuji coba di akhir Desember 2022 nanti," timpalnya.

3. Bobot lift di Jembatan Ampera seberat tiga ton

Lift di Jembatan Ampera Mulai Dipasang, Begini PenampakannyaJembatan Ampera di Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Dicky menyampaikan, sejak dulu Jembatan Ampera sudah memiliki fasilitas tangga otomatis. Namun karena faktor usia, lift lama hanya memiliki penutup pintu dari terali besi.

Kemudian untuk pemasangan lift baru, petugas membongkar konstruksi yang lama dan mengganti, serta memasang dengan tangga otomatis baru.

"Bobot yang lama itu sekitar empat ton. Sedangkan untuk yang baru hanya tiga ton," jelas dia.

4. Naik mendara Jembatan Ampera cuma butuh waktu satu menit

Lift di Jembatan Ampera Mulai Dipasang, Begini PenampakannyaLift di Jembatan Ampera Palembang Mulai Dipasang (IDN Times/Dokumen)

Lift di Jembatan Ampera sudah dipastikan aman dan tidak akan merusak bangunan asli jembatan berusia 60 tahun tersebut. Waktu yang ditempuh untuk mencapai bagian atas atau menara setinggi 50 meter hanya butuh waktu sekitar satu menit.

"Namun itu belum sampai pada bagian pantau. Butuh naik beberapa anak tangga lagi," kata dia.

Baca Juga: Disbudpar Sumsel Tolak Lift Jembatan Ampera; Jangan Seperti Cinde

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya