Comscore Tracker

HUT ke-1.388 Tahun, Banjir dan Macet Menjadi PR Palembang

Selamat HUT ke-1.388 Kota Palembang!

Palembang, IDN Times - Wali Kota (Wako) Palembang, Harnojoyo, menyoroti pembangunan infrastruktur yang belum terealisasi sepenuhnya. Hal ini disampaikan Harnojoyo saat peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-1.338 Palembang, Kamis (17/6/2021).

"Evaluasi pembangunan kita dari sisi sosial ekonomi dan infrastruktur masih belum terealisasi seluruhnya. Harapan kami, pada ulang tahun ini bisa ditarget tuntas, semua program bisa terlaksana," ujar Harnojoyo di Gedung DPRD Palembang.

1. Pertumbuhan ekonomi daerah juga menjadi perhatian Pemkot Palembang

HUT ke-1.388 Tahun, Banjir dan Macet Menjadi PR PalembangTugu belido di lapangan benteng kuto besak Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Menurut orang nomor satu di Palembang ini, program prioritas pembenahan wilayah yang rutin diperhatikan yakni banjir di beberapa titik, khususnya di daerah pinggiran kota dan rawa-rawa.

"Yang belum dicapai tetap dievaluasi, dari beberapa program unggulan seperti banjir, kemacetan, dan ekonomi, juga kita utamakan," kata dia.

Baca Juga: Jalan Nasional di Palembang Sering Banjir, 4,2 KM Drainase Diperlebar

2. Bakal bangun kolam retensi cegah kebanjiran

HUT ke-1.388 Tahun, Banjir dan Macet Menjadi PR PalembangWali Kota Palembang, Harnojoyo (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Sejumlah perencanaan pembangunan infrastruktur di Palembang yang mulai dikerjakan meliputi proyek Flyover Simpang Sekip, Underpass Sudirman, dan Jalan Lingkar Timur Nurdin Pandji-Boom Baru. 

"Namun masalah banjir tetap diutamakan, salah satunya dengan dibangun kolam retensi di simpang bandara dan sudah mendapatkan respon baik dari Gubernur," jelasnya.

3. Tetap melaksanakan program sesuai RKPJMD Palembang

HUT ke-1.388 Tahun, Banjir dan Macet Menjadi PR PalembangPotret aktivitas warga Palembang di masa COVID-19 (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Selain proyek infrastuktur dan menyelesaikan banjir di Palembang, Pemkot tetap pada rencana yang dituangkan dalam program Rencana Kerja Pemerintah Jangka Menengah Daerah (RKPJMD), seperti proyek restorasi sungai yang sudah masuk dalam perencanaan pembangunan Nasional.

"Sementara sudah rampung sepanjang 1 km dimulai dari muara sungai, tepatnya di samping Kantor Wali Kota Palembang hingga ke Jembatan Karang," timpalnya.

4. Proyek besar lainnya adalah evaluasi masalah kemacetan kota

HUT ke-1.388 Tahun, Banjir dan Macet Menjadi PR PalembangSuasana kota Palembang di pelataran Benteng Kuto Besak (BKB) saat corona mewabah (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Harnojoyo melanjutkan, evaluasi proyek besar lainnya yakni mengatasi kemacetan dengan flyover Simpang Sekip di jalan R Sukamto dan Basuki Rahmat.

"Untuk pembayaran ganti wajar kita sebutnya sudah dalam tahapan dan sebagian sudah selesai," tambah dia.

Saat ini, pembangunan tersebut sudah dianggarkan sebesar Rp 9,5 Miliar dari dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Palembang tahun 2021. Dana yang dikucurkan untuk tahap awal pembebasan sebanyak 7 persil dengan luas 750 m2.

Baca Juga: Pemkot Palembang Siapkan Rp7 Miliar Ganti Rugi Flyover Simpang Sekip

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya