Comscore Tracker

Bappeda Palembang Siapkan 7 Proyek Infrastuktur Tahun Depan

Dana yang disiapkan mencapai Rp4 triliun 

Palembang, IDN Times - Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda Litbang) Palembang, menargetkan pengerjaan fisik tujuh infrastruktur strategis pada awal tahun depan.

"Agar penanggulangan persoalan pokok tuntas dalam tiga tahun ke depan. Kita mulai bekerja dengan mempersiapkan anggaran Rp4 triliun tahun 2021," ujar Kepala Bappeda Litbang Palembang, Harrey Hadi, Rabu (21/10/2020).

1. Fokus infrastruktur jalan dan sungai

Bappeda Palembang Siapkan 7 Proyek Infrastuktur Tahun DepanKantor Wali Kota Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Target pengerjaan tujuh infrastruktur strategis itu kata dia, diprioritaskan pada pembangunan jalan dan sungai untuk memperlancar aksesibilitas masyarakat, serta mengurangi banjir di Palembang.

"Karena banjir jadi masalah utama kita selain macet, kawasan kumuh, dan sampah. Penanggulangan ini memang tidak bisa sekaligus kami tuntaskan, jadi pengerjaannya bertahap sampai 2023," katanya.

Baca Juga: Sektor Pariwisata Palembang Bakal Terima Dana Hibah Rp30,8 Miliar

2. Proyek Sekanak Lambidaro jadi pengerjaan utama

Bappeda Palembang Siapkan 7 Proyek Infrastuktur Tahun DepanAliran Sungai Sekanak Lambidaro Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Harrey menerangkan, pengerjaan proyek infrastruktur yang diutamakan yakni restorasi Sungai Sekanak Lambidaro sepanjang 10,7 kilometer. Kemudian mengerjakan perbaikan Jalan Lingkar Timur Palembang sepanjang 20,3 kilometer.

"Termasuk melakukan pelebaran Jalan Parameswara, membangun jembatan layang atau flyover Simpang Sekip, Underpass Simpang Charitas, embung seluas 100 hektar, dan kolam retensi Simpang Bandara," terang dia.

Baca Juga: Pemkot Palembang Siapkan Rp19,6 Miliar Menata Sekanak sebagai Wisata 

3. Pembebasahan lahan sudah hampir tuntas

Bappeda Palembang Siapkan 7 Proyek Infrastuktur Tahun DepanIlustrasi aktivitas jalan lalu lintas di Jembatan Ampera Palembang (IDN Times/ Deryardli Tiarhendi)

Proyek-proyek tersebut lanjutnya, dibangun dari dana sharing Pemprov Sumsel dan Pemerintah Pusat melalui Kementerian. Sedangkan khusus restorasi Sungai Sekanak Lambidaro, saat ini sudah dalam tahap tender dan DED.

"Proyek yang masuk RPJMN itu dibiayai Kementerian PUPR dan pembebasan lahannya sudah hampir tuntas," ujarnya.

Baca Juga: Flyover Simpang Sekip, Pemkot Siapkan Rp24 Miliar Bebaskan Lahan

4. Anggaran telah diperhitungkan termasuk biaya pembangunan flyover Simpang Sekip

Bappeda Palembang Siapkan 7 Proyek Infrastuktur Tahun DepanAliran Sungai Sekanak Lambidaro Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Harrey mengaku, walaupun target pengerjaan infrastruktur sempat mengalami kendala persiapan karena pandemik COVID-19, namun pihaknya konsisten mengalokasikan dana Rp4 triliun untuk perencanaan 2021.

"Walau tahun depan mungkin masih pemulihan ekonomi dampak COVID-19, tapi anggaran sudah diperhitungkan. Termasuk pendanaan untuk pembangunan flyover Simpang Sekip," tandas dia.

Baca Juga: Flyover Sekip Hingga Underpass Charitas, Rencana Proyek Palembang 2021

Topic:

  • Feny Maulia Agustin
  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya