2.300 Lampu Jalan Palembang Rusak, Perkimtan Klaim Perbaikan Maksimal

Perkimtan Palembang baru memperbaiki 500 lampu jalan

Palembang, IDN Times - Ribuan penerangan Lampu Jalan Umum (PJU) di Palembang mengalami kerusakan. Sejumlah jalan lintas gelap saat malam hari dan berpotensi meningkatkan kejadian kriminalitas. Beberapa titik lampu mati sering terjadi seperti di Jakabaring dan Kalidoni.

Padahal Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang bertanggung jawab mengatasi kerusakan PJU di 51 ribu titik lampu yang terpasang di seluruh penjuru Palembang. Saat ini jumlah kerusakan lampu jalan mencapai 2.300 PJU yang mati dan tak berfungsi.

Baca Juga: Palembang Anggarkan Rp4,8 Miliar Pasang 777 Lampu Jalan

1. Perkimtan Palembang sebut perbaikan lampu jalan berproses dan menunggu ada anggaran

2.300 Lampu Jalan Palembang Rusak, Perkimtan Klaim Perbaikan MaksimalLampu penerangan jalan umum (LPJU). IDN Times/Yuda Almerio

Permasalahan lampu jalan mati sudah sering disampaikan masyarakat lewat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Palembang saat Reses. Berdasarkan aduan warga, Pemkot dinilai abai terhadap fasilitas PJU yang rusak.

Menurut Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, dan Pertanahan (Perkimtan) Palembang, Affan Prapanca, pemerintah bukan mengabaikan kondisi kerusakan lampu jalan. Tetapi perbaikan fasilitas tersebut butuh proses dan anggaran cukup.

"Kami sudah maksimal mengatasi lampu jalan ini. Dari 2.800 aduan lampu mati, Perkimtan sudah memperbaiki 500 titik lampu jalan. Selebihnya dalam proses, karena anggaran 2023 baru ada," katanya.

Baca Juga: Ternyata Ini Penyebab Suhu di Palembang Panas dan Menyengat

2. Perkimtan Palembang siapkan 9 armada untuk perbaikan lampu jalan

2.300 Lampu Jalan Palembang Rusak, Perkimtan Klaim Perbaikan MaksimalIlustrasi lampu penerangan jalan umum (ANTARA FOTO)

Perbaikan 500 titik lampu yang mati dan tak berfungsi sebelumnya sudah diganti dan dilakukan perbaikan jaringan seperti pekerjaan mengganti alat-alat komponen penting meliputi perbaikan trafo, MCB, kabel, dan lain-lain.

"Prioritas penanganan sesuai laporan yang kami terima. Ada armada 9 regu siap bergerak melayani laporan masyarakat dari pagi sampai malam secara bergantian. Sedangkan untuk pemasangan jaringan PJU baru sedang dalam proses pengadaan," jelas Affan.

3. Perkimtan Palembang bakal tambah 2.340 PJU yang tersebar di 18 kecamatan

2.300 Lampu Jalan Palembang Rusak, Perkimtan Klaim Perbaikan MaksimalIlustrasi lampu jalan (pixel)

Tahun 2023 Perkimtan Palembang akan menambah 2.340 PJU dan akan dipasang secara merata di 18 kecamatan. Pemasangan PJU berdasarkan usulan kecamatan dan kelurahan yang menentukan kawasan prioritas pemasangan lampu jalan.

“Kita telah menerima usulan pemasangan lampu jalan yang dibutuhkan masyarakat ini," timpalnya.

4. Wawako Palembang mengaku 70 persen lampu jalan tak berfungsi baik

2.300 Lampu Jalan Palembang Rusak, Perkimtan Klaim Perbaikan MaksimalIlustrasi mati lampu (IDN Times/Hendra Simanjuntak)

Wakil Wali Kota (Wawako) Palembang Fitrianti Agustinda mengakui, dari seluruh lampu jalan yang terpasang di penjuru kota, memang 70 persen fasilitas penerangan tidak berfungsi baik. Kondisi itu turut dipengaruhi sikap masyarakat yang sering mengambil alat dan komponen PJU. Sehingga penerangan jalan tak maksimal

“Kita ingin ini cepat diselesaikan sesegera mungkin, karena keluhan dari masyarakat sangat banyak. Lampu jalan ini juga tanggung jawab bersama, harus saling jaga. Karena kita juga sering mendengar ada warga jahil mencuri komponen-komponen lampu dan membuat mati," kata dia

Baca Juga: Pengadilan Negeri Palembang Mendadak Ramai Didatangi Politisi Partai

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya