TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Gajah Liar Rusak Kebun dan Muncul di Ventilasi Dapur Warga

Seekor gajah itu diduga terpisah dari kelompoknya

Ilustrasi Gajah Sumatra. (IDN Times/Prayugo Utomo)

Ogan Komering Ulu Selatan, IDN Times - Seekor gajah kembali muncul di perkampungan warga. Gajah tersebut nyaris masuk ke rumah seorang warga di Desa Suka Negeri Kecamatan Banding Agung, Kabupaten OKU Selatan.

Gajah itu dilaporkan merusak kebun sebelum mendatangi sebuah rumah warga bernama Merin (36). Ia mengaku sempat didatangi hewan yang dilindungi tersebut, Jumat (19/8/2022) sekitar pukul 03.00 WIB.

"Gajah datang dari arah kebun kopi belakang rumah, tiba-tiba diketahui sudah memasukkan belalai ke lubang ventilasi bagian dapur," ujar Camat Banding Agung, Adi Syaputra.

Baca Juga: SM Padang Sugihan Bergembira, Gajah Sumatra Betina Bertambah 1 Ekor

Baca Juga: Warga Air Sugihan Tewas Diinjak Gajah Liar Saat Tidur 

1. Warga Panik ada gajah muncul di dapur rumahnya

blog.tiket.com

Merin langsung syok dan tak tahu harus berbuat apa, apalagi saat itu anak dan istrinya masih tidur pulas. Merin kata Adi tak banyak menimbulkan gerakan.

"Waktu itu anak istrinya lagi tidur karena pukul 03.00 WIB. Ia terbangun ada suara-suara, pas dicek belalainya sudah masuk ke lubang ventilasi dapur," jelasnya.

2. Camat imbau warga tak beraktivitas ke kebun untuk saat ini

gajah/Elephantidae (pexels.com/Magda Ehlers)

Ia juga mendapat laporan seekor gajah sudah memasuki pemukiman warga hingga merusak pondok dan tanaman tumbuh hingga jalan raya, serta sudah ada beberapa pondok tinggal yang dirusak.

"Warga setempat kini resah dan enggan beraktivitas ke kebun. Kita selaku pemerintah kecamatan sudah mengeluarkan imbauan agar tak beraktivitas di kebun," ungkap Camat.

3. Warga diminta jangan pancing kepanikan gajah

worldwildlife.org

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumsel, Ujang Wisnu Barata mengatakan, pergerakan dan perilaku gajah sedang dipantau.

"Petugas dan aparat desa bersama masyarakat sedang melakukan penanganan, memantau pergerakan dan perilaku gajah," kata Ujang, Senin (22/8/2022)

Ia mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan waspada, mengikuti imbauan petugas seperti jangan bertindak yang menimbulkan kepanikan gajah.

Baca Juga: Gajah Masuk Pemukiman Warga Lalan Muba, Rusak Padi dan Kelapa

Berita Terkini Lainnya