Eddy Santana Dorong Pemkot Palembang Bikin Kota Sungai Seperti Bangkok

Palembang berencana buat dermaga terpanjang di pesisir Musi

Palembang, IDN Times - Anggota DPR RI Komisi V, Eddy Santana Putra mendorong Pemerintah Kota Palembang terus melanjutkan pembangunan kawasan pesisir sungai Musi.

Eddy menerangkan, jika Palembang dapat meniru ibu kota Thailand, Bangkok memaksimalkan sungai sebagai bagian kehidupan. Mulai dari transportasi hingga pariwisata.

"Minimal seperti Bangkok lah kira-kira dalam memaksimalkan pembangunan dan pemanfaatan sungainya," ujar Eddy Santana, saat meresmikan pelabuhan 7 Ulu Palembang, Sabtu (15/7/2023).

Baca Juga: Polda Sumsel Turunkan Tim Selidiki Kematian Polisi di Musi Rawas

1. Dorong pembangunan kawasan pelabuhan sungai

Eddy Santana Dorong Pemkot Palembang Bikin Kota Sungai Seperti BangkokDirektur Jenderal Perhubungan Darat, Hendro Sugianto bersama Anggota Komisi V DPR RI Eddy Santana Putra dan Ishak Mekki (IDN Times/Rangga Erfizal)

Eddy menambahkan, masih banyak program pembangunan yang dapat dimaksimalkan jika pemerintah daerah dan pusat terus bekerjasama.

Mantan wali kota Palembang tersebut, memberikan ide bagi Pemkot Palembang untuk membangun kawasan dermaga yang sudah ada di Pelabuhan 16 Ilir Palembang yang berada di pelataran Ampera memanjang ke Kawasan Musi IV.

"Ide ini akan menjadikan pesisir Sungai Musi sebagai dermaga terpanjang yang pernah ada. Ini perlu untuk diwujudkan bersama," ungkap dia.

2. Integrasi transportasi di Palembang harus dikembangkan

Eddy Santana Dorong Pemkot Palembang Bikin Kota Sungai Seperti BangkokKawasan Pelabuhan 16 Ilir Palembang (IDN Times/Rangga Erfizal)

Selain itu, integrasi transportasi harus terus dikembangkan tidak hanya udara dan darat, ke depan integrasi itu akan berlaku untuk transportasi sungai yang ada di Palembang.

Berbagai cara mengintegrasikan transportasi di Palembang telah berjalan, seperti LRT, BRT, dan angkotan kota (angkot) di darat. Ke depan, sistem ini diharapkan menjangkau transportasi sungai yang menjadi penghubung wilayah pesisir di Sumsel.

"Semua sudah terhubung dari udara, darat, dan ke depan transportasi sungai harus dimaksimalkan. Karena penumpang juga bisa mengakses tranportasi sungai untuk ke stasiun Kertapati atau pun LRT," jelas dia.

3. Palembang dinilai perlu maksimalkan transportasi sungai

Eddy Santana Dorong Pemkot Palembang Bikin Kota Sungai Seperti BangkokKawasan Pelabuhan 16 Ilir Palembang (IDN Times/Rangga Erfizal)

Eddy tidak menampik masih banyak cita-cita pembangunan yang belum terealisasi hingga saat ini. Dirinya menilai, butuh proses untuk berkembang mewujudkan transportasi kota yang modern dengan memaksimalkan potensi daerah perairan seperti Palembang.

"Tinggal kita hidupkan lagi cita-cita itu, bus air dan ferry crosing," tutup dia.

Baca Juga: Dapat Bisikan Ghaib, IRT dan Bayi Coba Bunuh Diri di Sungai Ogan

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya