TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Belasan Anak-anak di Lahat Diduga Keracunan Jajanan Bakso Bakar

Anak-anak mulai muntah setelah mengonsumsi bakso bakar

(Wabub Lahat saat meninjau kondisi anak-anak yang keracunan di RSUD Lahat) IDN Times/istimewa

Lahat, IDN Times - Sekitar 18 anak di Kabupaten Lahat, Sumsel mendapat perawatan medis. Itu lantaran diduga mengalami keracunan usai menyantap bakso bakar dijual keliling.

Anak-anak tersebut berasal dari TK Darma Wanita, Desa Kebur, Kecamatan Merapi Barat, Kabupaten Lahat. Saat ini pihak pemerintahan setempat dan instansi terkait masih melakukan penyelidikan.

Baca Juga: Sumsel Tekan Stunting Tertinggi Indonesia Ribuan Bidan Terus Diedukasi

1. Sample makanan dikirim ke laboratorium Dinkes Lahat

Sumber gambar: merdeka.com

Kasubbag Umum dan Perlengkapan RSUDLahay, Feri Agustiansyah mengatakan, pihaknya terus mengoptimalkan pelayanan kepada pasien. Seluruh tenaga medis dikerahkan untuk penanganan medis.

"Sementara keluhan awal pasien adalah muntah-muntah. Kami belum bisa memastikan penyebabnya. Karena untuk memastikannya, sample dikirim ke laboratorium Dinas Kesehatan Lahat," ujarnya, Rabu (28/6/2023).

Belakangan diketahui, puluhan anak mengalami keracunan bakso bakar itu merupakan warga Desa Kebur, Kecamatan Merapi Barat Kabupaten Lahat.

Gejala awal dialami puluhan korban yakni mulai dan muntah-muntah setelah makan bakso bakar keliling di Desa Kebur, pada Selasa (27/6/2023).

2. Bakso bakar dibeli dari penjual keliling di daerah korban

google image

Sandi (36) warga Desa Kebur, Kecamatan Merapi Barat selaku orang tua korban menceritakan, anak-anaknya usai mengkonsumsi makanan jajanan bakso kebetulan lewat di depan rumah pada Selasa. Bakso bakar tersebut dibeli seharga Rp4 ribu dengan isi 7 pentolan.

"Lalu selepas Maghrib anak saya mengalami muntah-muntah. Hingga keluhan pun masih dirasakan dan dibawa ke RSUD Lahat. Alhamdulillah sudah membaik," ujar Sandi.

Baca Juga: Ribuan Warga Palembang Salat Idul Adha, Tersebar di 28 Titik

Berita Terkini Lainnya