TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jadi Tempat Kuburan COVID-19, TPU Gandus Sudah Terisi 15 Persen

Masih ada lahan kosong seluas 1,5 hektar

Ilustrasi pemakaman jenazah dengan protokol COVID-19 (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Palembang, IDN Times - Tempat Pemakaman Umum (TPU) bagi jenazah kasus COVID-19 di Gandus, Palembang, masih menyisakan lahan kosong. Lokasi pemakaman itu baru menghabiskan 500 meter, atau sekitar 15 persen dari luas keseluruhan.

"Masih banyak yang kosong. Dari total luasan 2 hektare, tanah yang tersedia seluas 1,5 hektar," ujar Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) Palembang, Affan Prapanca melalui Kasi Pemakaman Sarjan, Jumat (6/11/2020).

Baca Juga: 80 Persen Pasien Aktif COVID-19 di Sumsel Terpapar Tanpa Gejala

1. Baru 336 makam terpakai

Proses pemakaman salah satu jenazah COVID-19 di TPU Pondok Ranggon pada Selasa (16/9/2020) (IDN Times/Aldila Muharma&Fiqih Damarjati)

Ia mengatakan, jika dihitung dari kapasitas tanah yang disiapkan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, lahan untuk pemakaman jenazah dengan prosedural COVID-19 baru terisi kurang lebih 15 persen.

"Yang sudah terisi baru 336 makam sesuai rekomendasi Rumah Sakit yang bersangkutan," kata dia.

2. Pemkot izinkan jenazah kasus COVID-19 dimakamkan di TPU lain

Proses pemakaman salah satu jenazah COVID-19 di TPU Pondok Ranggon pada Selasa (16/9/2020) (IDN Times/Aldila Muharma&Fiqih Damarjati)

Berdasarkan ketersediaan tempat, terang Sarjan, sebenarnya lahan pemakaman di TPU Gandus Palembang masih sangat memadai. Namun keluarga jenazah tidak berkenan untuk menguburkan sanak saudaranya di sana.

"Soalnya ada aturan Pemkot juga, kalau yang COVID-19 boleh dimakamkan selain di sini," terangnya.

Baca Juga: Kisah Melaney Ricardo Terjangkit COVID-19, Diawali dengan Menggigil

Berita Terkini Lainnya