TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

40 Persen Remaja Putri di Palembang Mengalami Anemia

Dinkes sosialisasi pencegahan ke seluru sekolah

Kepala Dinkes Palembang, Fenty Aprina (IDN Times/Istimewa)

Palembang, IDN Times - Anemia atau kondisi seseorang kekurangan sel darah merah dalam tubuh, sering dialami perempuan saat masa puber. Sebab pada usia remaja, perempuan mengalami permulaan siklus menstruasi.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Palembang, Fenty Aprina mengatakan, pihaknya gencar menyosialisasikan gerakan aksi gizi di sekolah tingkat menengah untuk menekan angka anemia pada remaja putri.

"Angka anemia mencapai 40 persen untuk remaja putri," ujarnya saat menghadiri gerakan aksi gizi di SMP Negeri 19 Palembang, Rabu (26/10/2022).

Baca Juga: Palembang Tak Punya Data Anggota Keluarga Berisiko Stunting

Baca Juga: Sanitasi Tak Memadai Memicu Jumlah Anak Kerdil di Palembang

1. Kampanye aksi gizi mendorong remaja putri konsumsi pil penambah darah

Ilustrasi perempuan (IDN Times/Arief Rahmat)

Anemia yang dialami remaja putri, kata Fenty, memengaruhi stamina tubuh bahkan bisa membuat kondisi badan kekurangan gizi. Melalui gerakan aksi gizi, diharapkan remaja putri bisa menjaga kesehatan lebih baik.

"Untuk itulah kami melakukan kampanye agar remaja putri minum pil tablet tambah darah secara rutin setiap minggu," kata dia.

2. Dinkes Palembang stok tablet tambah darah di setiap UKS

ilustrasi obat-obatan (IDN Times/Aditya Pratama)

Selain mengampanyekan gerakan aksi gizi dengan mengunjungi sekolah-sekolah di Palembang, Dinkes juga memberikan tablet penambah darah di setiap Unit Kesehatan Sekolah (UKS) dan Puskesmas.

"Jadi nanti akan disediakan stok tablet tambah darah di UKS dan Puskesmas terdekat. Pembagian ini menyasar semua remaja putri usia 10 hingga 18 tahun," timpalnya.

Baca Juga: [WANSUS] Perkembangan Stunting di Palembang dan Penanganannya

Berita Terkini Lainnya