Comscore Tracker

Keluarga Brigadir J Tunjuk Pengacara Dampingi Cari Keadilan

Pengacara dan tim sedang mengumpulkan bukti dan fakta

Jambi, IDN TIMES - Keluarga Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J, polisi yang terlibat baku tembak dengan rekannya, akhirnya menunjuk pengacara untuk mendampingi mereka mencari keadilan.

Bibi dari mendiang Yosua, Rohani Simanjuntak, mengungkapkan kalau pihak keluarga sudah menunjuk Kamaruddin Simanjuntak sebagai pengacara.

"Sudah (menunjuk kuasa hukum). Pak Kamaruddin Kamarudin Simanjuntak. (Ditunjuk) Rabu atau Kamis kemarin," kata Rohani dihubungi Minggu (17/7/2022).

1. Menyusun fakta dan kumpulkan bukti

Keluarga Brigadir J Tunjuk Pengacara Dampingi Cari KeadilanKediaman Brigpol J di Sungai Bahar, Kabupaten Muarojambi, Provinsi Jambi (IDN Times/M Ramond)

Kamaruddin Simanjuntak saat dihubungi, membenarkan diberikan kuasa dari keluarga Brigadir Yosua. "Secara lisan minggu ini, secara tertulis juga minggu ini," kata Kamarudin, Minggu (17/7/2022).

Kamaruddin menjelaskan, timnya sesegera mungkin akan menyusun strategi dan mengumpulkan bukti-bukti soal kejanggalan kematian Brigadir J.

"Langkah awalnya menyusun fakta-fakta, kemudian mengumpulan bukti-bukti, serta menggali informasi," kata Kamarudin.

Baca Juga: Brigadir J Pernah Jadi Sniper dan Tugas di Papua, Sempat Bikin Waswas

2. Membuat laporan ke Bareskrim besok

Keluarga Brigadir J Tunjuk Pengacara Dampingi Cari KeadilanKediaman Brigpol J di Sungai Bahar, Kabupaten Muarojambi, Provinsi Jambi. (IDN Times/M Ramond)

Kamaruddin mengungkapkan, dia bersama keluarga Brigadir J akan melaporkan kejanggalan atas kematian dan penanganan kasus tersebut ke Mabes Polri.

"Besok pagi (Senin, 17 Juli 2022) kita akan melapor ke Bareskrim Polri," kata dia

Keluarga Brigadir J kata Kamaruddin, akan melaporkan sejumlah dugaan tindak pidana yang menyangkut Brigadir J dan keluarganya di Jambi.

"Pidana pembunuhan berencana, kemudian pencurian atau penggelapan hp. Penyadapan secara ilegal, peretasan, dugaan tindak pidana komunikasi," terangnya.

Baca Juga: Kesehatan Ibu Brigadir J Menurun; Pucat dan Tak Berhenti Menangis 

3. Keluarga merasa terintimidasi

Keluarga Brigadir J Tunjuk Pengacara Dampingi Cari KeadilanBiddokkes Polda Jambi memeriksa kesehatan ibunda Brigadir J.

Diperkirakan sebanyak 100 personel polisi mendatangi kediaman keluarga Brigadir J (28) di Desa Suka Makmur, Kecamatan Sungai Bahar, Kabupaten Muarojambi, Jambi, Senin (11/7/2022) malam.

Rohani Simanjuntak, keluarga Brigadir J mengatakan, mereka terkejut dengan kehadiran 100 personel polisi itu.

"Kami seperti teroris, melihat cara mereka itu datang ke rumah. Ada yang pakaian dinas, pakaian hitam putih, pakai kaos juga ada. Itu sekitar pukul 20.00 WIB kejadiannya," jelasnya, Selasa (12/7/2022).

Rohani menceritakan polisi berbaris mengelilingi rumahnya. Tanpa permisi atau komunikasi dari kepolisian sebelum itu terjadi. Pintu gerbang sekolah akses keluar dan masuk ke rumah mereka ditutup rapat. "Mereka bentuk pagar betis," katanya.

Saat itu, pihaknya sedang berada di dalam rumah. Beberapa orang polisi masuk ke rumah. "Tidak ada kekerasan. Mereka hanya menjelaskan kepada pihak keluarga persoalan yang menimpa anak kami. Tapi penjelasannya berbeda dari sebelumnya. Mereka mengatakan ada pelecehan," jelasnya.

Rohani mengungkapkan jika keluarga dilarang mengambil foto atau merekam kehadiran polisi di kediaman Brigadir J. "Kami dilarang untuk merekam mereka," katanya.

Baca Juga: Paman Brigadir J Meninggal di Rumah Duka karena Tak Kuasa Menahan Pilu

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya