Comscore Tracker

Rakernas ke-XV Apeksi di Padang Usai, Ini 4 Poin Rekomendasi ke Pusat 

Mendagri Tampung Aspirasi Para Walikota

Padang, IDN Times - Rapat Kerja Nasional ke-XV Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Rakernas Apeksi) yang diselenggarakan di Padang, Sumatra Barat (Sumbar) sejak Minggu (7/8/2022) usai sudah. Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian, menutup secara resmi pada Selasa (9/8/2022) petang kemarin.

Selain menunjuk dan menetapkan secara aklamasi Kota Makassar menjadi tuan rumah penyelenggaraan Rakernas ke-XVI Apeksi pada 2023 mendatang, rakernas tahun ini melahirkan sejumlah rekomendasi yang akan disampaikan ke Pemerintah pusat.
 
Rekomendasi itu, dibagi menjadi empat masalah yakni terkait kebangkitan ekonomi, regulasi, suksesi kepemimpinan, infrastruktur dan pembangunan berkelanjutan.

Baca Juga: Rakernas Apeksi di Padang Bahas Rencana Penghapusan Honorer

1. Tinjau usulan seluruh Wako hasil rakernas

Rakernas ke-XV Apeksi di Padang Usai, Ini 4 Poin Rekomendasi ke Pusat APEKSI jalankan program Youth City Changers (YCC) di Youth Center Kota Padang, Sumatra Barat, Minggu (7/8/2022). (Dok. APEKSI)

Tito Karnavian mengapresiasi Rakernas ke-XV Apeksi. Berkaitan dengan aspirasi yang diungkapkan oleh seluruh Wali Kota sebagai peserta rakernas, ia memastikan akan menerima hal dan akan meninjau aspirasi mana saja yang bisa segera ditindaklanjuti.
 
“Kementerian Dalam Negeri akan menerima masukan dari Wali Kota yang sudah menuntaskan rangkaian rakernas. Kita akan meninjau lebih dahulu aspirasi mana saja yang bisa segera ditindaklanjuti,” kata Tito.

Baca Juga: Makassar Ditunjuk Jadi Tuan Rumah Apeksi XVI 2023 

2. Minta seluruh Wako juga lakukan perubahan

Rakernas ke-XV Apeksi di Padang Usai, Ini 4 Poin Rekomendasi ke Pusat Mendagri Tito Karnavian (Dokumen Kemendagri)

Dalam kesempatan itu, Mendagri Tito berpesan agar anggota Apeksi atau Wali Kota juga segera melakukan perubahan dan kemajuan di kota mereka masing-masing.

Ia berharap, seluruh Wako mampu membawa pemerintahan kota yang dipimpinnya beradaptasi dengan perkembangan zaman, agar tak ada lagi kota-kota di Indonesia yang tertinggal.

“Harus lebih maju dan terus berkembang,” pinta Tito

3. Tetap sejalan dengan roh otonomi daerah

Rakernas ke-XV Apeksi di Padang Usai, Ini 4 Poin Rekomendasi ke Pusat Logo APEKSI. (apeksi.id)

Ketua Dewan Apeksi, Bima Arya menegaskan, pokok rekomendasi Apeksi perlu dikoordinasikan bersama dengan pemerintah pusat. Langkah perubahan yang diakselerasikan harus tetap sejalan dengan roh otonomi daerah sebagai cita-cita reformasi.

“Tantangan yang dihadapi para Wako saat ini luar biasa berat. Harus memulihkan ekonomi, tsunami regulasi, dan pembangunan infrastruktur yang harus matching dengan pembangunan berkelanjutan. Kita bagian dari pemerintah pusat, tapi tidak ingin hanya menjadi bagian instrumen sosialisasi. Kita ingin menjadi referensi ketika pemerintah pusat mengeliuarkan kebijakan," tegasnya.
 

Baca Juga: Putaran Uang di Padang Saat Rakernas Apeksi Diprediksi Rp 20 Miliar 

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya