Comscore Tracker

Tonton Atraksi Boat Modelling di Jakabaring Sambil Ngabuburit

Komunitas Boad Modelling Club baru terbentuk 2020

Palembang, IDN Times - Beragam aktivitas menunggu waktu buka puasa atau ngabuburit di bulan Ramadan, sering dilakukan masyarakat Indonesia. Bahkan ada saja yang sengaja mencari kegiatan sembari menunggu azan Magrib.

Nah, bagi kalian yang bingung untuk menghabiskan waktu, menonton atraksi boat modelling di Jakabaring Sport Center (JSC) Palembang bisa menjadi pilihan menunggu berbuka puasa.

"Sebenarnya kalau main boat rc (remote control) sudah dari empat tahun lalu, tapi kita kopi darat membentuk komunitas Boat Modelling Club (BMC) baru tahun 2020," ujar pioneer BMC, Okky, Minggu (18/4/2021).

1. Komunitas BMC juga sering bermain di Ogan Ilir

Tonton Atraksi Boat Modelling di Jakabaring Sambil NgabuburitTonton Atraksi Boat Modelling di Jakabaring Sambil Ngabuburit (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Resmi membentuk komunitas BMC pada 2020, kegiatan bermain boat remote control rutin dilaksanakan sebulan bahkan satu minggu sekali, tergantung waktu luang para anggotanya.

"Kita paling sering main di Tanjung Raja, Indralaya, Kabupaten Ogan Ilir. Kalau di Palembang, main di Danau JSC ini. Rencana ke depan mau main di Danau Opi Mall," kata dia.

Selain seru, bermain boat remote control juga bisa memberikan kepuasan hati para player. Apalagi kata Okky jika ada perlombaan ataupun saling diskusi antar anggota, mereka bisa membahas modifikasi baru Boat RC.

"Ada jenisnya F1, ada juga yang Z14, tergantung kita mau merakit atau bisa langsung beli jadi," ujarnya.

Baca Juga: 8 Drama Korea Sageuk Terbaik yang Pas Ditonton Saat Ngabuburit

2. Boat remote control rakitan bisa menghabiskan dana hingga Rp15 juta

Tonton Atraksi Boat Modelling di Jakabaring Sambil NgabuburitTonton Atraksi Boat Modelling di Jakabaring Sambil Ngabuburit (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Okky menyebut, rata-rata komunitas BMC Palembang pertama kali kenal melaui Facebook kemudian kopi darat. Berasal dari beragam profesi, anggota komunitas BMC mempersilakan siapa saja yang ingin ikut bergabung.

"Yang paling penting dia minat dan paham bermain, terus juga ada dana. Karena untuk satu unit boat RC bisa Rp15 juta, paling murah Rp2 juta lebih lah. Kalau mau gabung bisa kontak aja ke saya, ke nomor 081369105360," jelasnya.

Menurut Okky, anggota BMC Palembang sudah lebih dari 20 orang. Kebanyakan mereka berdomisili dari Ogan Ilir. Karena katanya, Palembang belum terlalu banyak orang yang hobi bermain boat RC.

"Lagian di Palembang ini belum ada lombanya, kalau di Jakarta sudah banyak. Jadi kadang kita ikut main di Jakarta," timpal dia.

3. Boat remote control menggunakan bahan bakar pertamax turbo

Tonton Atraksi Boat Modelling di Jakabaring Sambil NgabuburitTonton Atraksi Boat Modelling di Jakabaring Sambil Ngabuburit (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Boat remote control berbahan dasar fiber dengan teknis pembuatan controller seperti merakit motor. Agar melaju lebih kencang, bahan bakar boat RC menggunakan Pertamax Turbo.

"Tapi ada juga yang listrik jadi pakai baterai. Untuk mencoba daya kecepatan, bisa langsung setting di air. Kalau yang bahan bakar turbo tidak mudah terbalik, manuver lebih stabil," terangnya.

Selain itu agar tak mudah jatuh atau terbalik, sebelum uji coba di air, pastikan sisi kiri dan kanan boat sudah seimbang. Sehingga ketika ditabrak boat RC lain, jarak terlempar boat tidak terlalu jauh.

"Jangan lupa setel juga bagian baling-baling, ini penting. Bagi yang mau coba main boat remote control ini ingat waktu ya. Karena kalau sudah ketagihan, menarik dan unik," tambah dia.

4. Boat remote control listrik hanya bertahan 30 menit

Tonton Atraksi Boat Modelling di Jakabaring Sambil NgabuburitTonton Atraksi Boat Modelling di Jakabaring Sambil Ngabuburit (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Selain meningkatkan adrenalin, bermain boat remote control juga bisa memberi bahagia pada pemainnya. Sedangkan untuk kesulitan perawatan boat RC terletak pada pemelihataan hardware.

"Benar-benar perhatikan bodi boatnya, karena misal kalau receiver rusak, bodi dan semuanya ikut rusak. Ibaratnya receiver itu otak untuk menggerakan boat," jelasnya.

Sementara untuk jenis boat remote control yang menggunakan baterai, biasanya hanya bertahan 30 menit dan pengisian baterai justru lebih lama, yakni butuh waktu 2-3 jam.

"Kekuatan boat ini mulai 30-32 cc dan beban berat boat biasanya sekitar 9 kilogram. Makin berat beban, kalau ada ombak, pergerakannya lebih stabil. Lalu perawatan kalau main di air asin harus lihat, apakah karatan atau tidak, karena bahannya itu," tandas dia.

 

Baca Juga: Ngabuburit di Merdeka Walk Medan, Ada Menu Andalan Khas Nusantara

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya