Comscore Tracker

Makna Kerbau Logam di Perayaan Imlek 2572 Kongzil 

Kerbau Logam menunjukkan sifat setia, lembut, dan dipercaya

Palembang, IDN Times - Perayaan tahun baru Imlek 2572 Kongzil yang jatuh pada 12 Februari 2021, memiliki makna bagi warga keturunan Tionghoa. Berdasarkan kalender Cina, tahun ini merupakan shio kerbau logam dengan simbol kemakmuran namun penuh tipuan.

Menurut Ketua Majelis Budhayana Indonesia Palembang, Sukartek, Imlek diberi salah satu nama hewan dari 12 shio. Sesuai kepercayaan, tahun ini menjadi analogi kesetiaan dan kelembutan.

"Bisa juga diartikan positif supaya ada kejujuran, jadi sebaiknya umat Buddha yang merayakan tradisi Imlek melakukan kebijakan dan kebaikan," ujarnya, Jumat (12/2/2021).

1. Perayaan Imlek bukan soal agama, tetapi tradisi tahunan

Makna Kerbau Logam di Perayaan Imlek 2572 Kongzil Situasi di Klenteng Dewi Kwan Im Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Ia menjelaskan, tahun baru Imlek bukanlah soal agama atau keyakinan religi. Namun perayaan Imlek sebagai tradisi. Bagi warga keturunan Thionghoa apa pun agamanya tetap merayakan tahun baru Imlek.

"Istilahnya, kalau umat Islam yang merayakan Tahun Baru Hijriah. Bahkan tahun baru Hijriah bukan hanya orang tertentu, tapi semua dari majelis apa pun boleh merayakan. Begitu juga kami dalam agama Buddha, kami menyambut euforia perayaan Imlek," kata dia.

Baca Juga: Fakta Klenteng Dewi Kwan Im di Palembang: Sudah Berdiri Sejak 1773

2. Setiap tahun ada arti shio masing-masing

Makna Kerbau Logam di Perayaan Imlek 2572 Kongzil Melihat Rutinitas Cuci Patung Dewa di Klenteng Dewi Kwan Im Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Sukartek mengatakan, kerbau logam merupakan hewan kedua dari zodiak etnis Tionghoa yang menunjukkan sifat setia, lembut, dan dapat dipercaya. Akan tetapi dalam suasana positif, kehati-hatian masih dibutuhkan dalam bersikap.

"Arti shio-shio ini setiap perayaan berbeda-beda, karena, setiap tahun ada 12 shio yang memang runtutannya ada ketentuan dan perhitungan sendiri," jelasnya.

3. Tahun kerbau logam diharapkan ada keberkahan

Makna Kerbau Logam di Perayaan Imlek 2572 Kongzil Persiapan menyambut tahun baru imlek di Klenteng Dewi Kwan Im Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Meski berbeda arti setiap lambang shio, umat yang meyakini tradisi dalam panjatan doa kepada dewa-dewa pada perayaan tahun baru Imlek, selalu ditujukan dan mengarah untuk berbuat kebajikan.

"Karena kita berharap bisa banyak mendapatkan berkah, dan diawali dengan sembahyang Puja Pelita. Kita selalu berharap tiap tahun ini diawali dengan hal yang baik," tandas dia.

Baca Juga: 10 Momen Imlek Keluarga Ruben Onsu, Datangkan Barongsai ke Rumah

Topic:

  • Feny Maulia Agustin
  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya