Comscore Tracker

Mirip Terompet, Alat Musik Serunai Berasal dari Ranah Minang

Serunai juga dijadikan alat musik tradisional Malaysia

Sumbar, IDN Times - Alat musik serunai yang sering dikenal dengan puput serunai ini merupakan salah satu alat musik tiup tradisional Minang. Keunikan dari alat musik tiup serunai terletak pada bentuk bagian ujung yang mengembang dan berfungsi untuk memperbesar volume suara.

Serunai mempunyai bagian lubang yang dapat digunakan untuk pengaturan nada, baik itu nada tinggi ataupun rendah. Serunai adalah warisan budaya yang hingga kini masih digunakan dalam dunia musik, terlebih bagi masyarakat daerah.

1. Sejarah asal hingga menjadi alat musik tradisional Malaysia

Mirip Terompet, Alat Musik Serunai Berasal dari Ranah MinangAlat musik Serunai. (alatmusiktradisionalduniaku.blogspot.com)

Serunai memiliki nama lain yakni Puput Serunai. Alat tiup ini disebut mirip dengan Shehnai, alat musik dari Lembah Kashmir di daerah dataran India bagian Utara. Shehnai adalah alat musik yang berasal dari pengembangan pungi, biasanya digunakan pada musik pemikat ular tradisional daerah India.

Seiring berjalannya waktu, alat musik ini dikenal di dataran tinggi Minangkabau atau sekarang Sumatra Barat (Sumsel). Alat musik ini makin dikenal ke seluruh Indonesia karena imigran Minang, dan sekarang justru menjadi alat musik tradisional Malaysia.

Baca Juga: Mengenal Asal-Usul Gamolan, dari Alat Komunikasi Jadi Alat Musik

2. Digunakan saat acara adat

Mirip Terompet, Alat Musik Serunai Berasal dari Ranah MinangAlat musik Serunai. (insidesumbawa.com)

Alat musik puput serunai biasanya digunakan saat acara adat seperti upacara perkawinan, penghulu, atau batagak pangulu. Namun alat musik ini dapat dimainkan secara bebas oleh kebanyakan orang secara individu, ketika panen padi atau saat bekerja di ladang.

Musik serunai ini juga mempunyai kegunaan untuk mengiringi acara pencak silat Minang. Memainkannya dapat dilakukan secara solo ataupun dengan alat musik yang lainnya di antaranya talempong, gendang, dan lain-lain.

Baca Juga: Mengenal 4 Alat Musik Tradisional yang Cuma Ada di Makassar

3. Serunai dibuat dari bahan kayu atau tanduk kerbau

Mirip Terompet, Alat Musik Serunai Berasal dari Ranah MinangAlat musik Serunai. (Pantau24.com)

Serunai dibuat dengan bahan kayu, batang padi, bambu, daun kelapa ataupun tanduk kerbau. Namun kini, serunai dibuat dari bahan plastik yang dapat bertahan lama.

Serunai mempunyai bagian untuk mengatur bunyi dengan bahan pembuatan dari kayu capo ringkik, atau bambu talang dengan ukuran ibu jari tangan. Capo ringkik bentuknya seperti jenis tanaman perdu. Pada bagian luarnya berupa kayu keras, akan tetapi lunak di dalam sehingga mudah untuk dilubangi.

Serunai berbahan kayu mempunyai panjang 20 sentimeter lalu dilubangi 4 bagian yang selisih jaraknya 2,5 sentimeter. Fungsinya memberikan perbedaan tinggi rendah nada. Nada yang dihasilkan pada alat tradisional Minang ini adalah pentatonis.

4. Bagian alat musik serunai

Mirip Terompet, Alat Musik Serunai Berasal dari Ranah MinangAlat musik Serunai. (myedisi.com)

Serunai memiliki beberapa bagian. Misal bagian untuk tiup terbuat dari bahan kayu, batang padi tua, ataupun bambu talang. Pada bagian tersebut akan dilakukan penyambungan yang mempunyai fungsi untuk pangkal puput.

Penyambung diberikan lubang sebagai saluran udara tiup yang menyambung ke poros badan serta poros corong. Bentuk corong juga terdapat di bagain belakang. Bagian ini terletak di ujung serunai dengan bentuk yang membesar mirip dengan alat musik terompet. Bagian corong berfungsi untuk memperbesar volume suara.

Pada bagian corong dibuat dari bahan kayu, utamanya kayu gabus atau tanduk kerbau yang secara alami telah berbentuk lancip dan mengembang. Bisa juga dengan daun kelapa lalu dililitkan. Bagian corong mempunyai panjang 10 hingga 12 sentimeter dengan garis tengah 6 sentimeter pada bagian mengembang.

Baca Juga: Gak Sekadar Keren, Ini 5 Manfaat Bermain Alat Musik Bagi Kesehatan

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya