Comscore Tracker

Cara Membuat Celimpungan Makanan khas Palembang, Dijamin Maknyos! 

Olahan dari ikan gabus dan tenggiri giling

Palembang, IDN Times - Makanan khas Palembang celimpungan merupakan salah satu menu dari olahan ikan giling selain pempek. Bedanya, celimpungan disajikan dengan kuah santan kuning dan mantap dinikmati saat hangat.

Celimpungan biasanya jadi menu favorit warga Palembang saat kumpul keluarga hari biasa atau ketika resepsi pernikahan, acara syukuran hingga momen hari raya lebaran.

Memiliki permukaan yang tidak rata dengan tekstur lembut dan kenyal. Adonan celimpungan bisa dibentuk sebesar bulatan bola pingpong. Penasaran apa resepnya?

Berikut IDN Times paparkan, cara membuat celimpungan makanan khas Palembang. Resep maknyus ini dari Gerai Tari Cake Jalan PDAM Lorong Hiba 2 RT 70 PGRI 7 Palembang.

1. Persiapkan bahan adonan celimpungan dan bumbu kuah

Cara Membuat Celimpungan Makanan khas Palembang, Dijamin Maknyos! Cara membuat celimpungan makanan khas Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Pemilik Tari Cake, Salmi mengatakan hal pertama yang harus dipersiapkan untuk membuat celimpungan adalah memisahkan bumbu untuk adonan bola atau pentol celimpungan dan bahan kuah kuning.

"Pentol celimpungan terbuat dari ikan giling yang ditambahkan air dan sagu. Ketika mencampur semua bahan perlu diperhatikan takaran air dan sagu sehingga adonan tidak terlalu keras," kata dia.

Bahan adonan celimpungan:

  • ‌ikan gabus giling 1 kg
  • ‌ikan tenggiri giling 1/2 kg
  • ‌sagu 7 ons
  • ‌air 700 cc

Bahan kuah santan kuning:

  • ‌air santan 1 kg
  • ‌bawang merah 5 siung
  • ‌bawang putih 3 siung
  • ‌ketumbar atau merica secukupnya
  • ‌jahe secukupnya
  • ‌kunyit 2 ruas
  • ‌temupo 3 ruas
  • ‌temu kunci secukupnya

Topping makanan khas celimpungan:

  • bawang goreng
  • daun kucai

Baca Juga: Bikin Nagih!Yuk Masak Tekwan Khas Palembang ala Yummy, Ini Resepnya  

2. Adon celimpungan dari dua jenis ikan agar lebih gurih

Cara Membuat Celimpungan Makanan khas Palembang, Dijamin Maknyos! Cara membuat celimpungan makanan khas Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Khusus adonan celimpungan, Salmi menyarankan untuk mencampur dua jenis ikan giling, agar punya cita rasa lebih gurih. Setelah adonan jadi, pentol celimpungan direbus hingga matang. Tanda adonan matang yakni celimpungan mengapung di atas air.

"Terserah mau dibuat dari dua jenis ikan giling atau hanya satu, asal perbandingannya pas. Kalau saya dicampur biar aroma ikannya lebih menyengat. Lalu adon ikan giling tersebut, dan perlahan tambahkan air dan sagu sampai tidak lengket lagi atau jadi kalis," jelasnya.

3. Masak kuah santan tanpa tambahan air

Cara Membuat Celimpungan Makanan khas Palembang, Dijamin Maknyos! Cara membuat celimpungan makanan khas Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Sembari menunggu celimpungan masak, mulailah membuat bumbu kuah. Dari bahan yang telah siap di atas. Selanjutnya blender seluruh bahan jadi satu sesudah dioseng sebentar.

"Kecuali santan langsung masak sampai mendidih dan tidak perlu menggunakan tambahan air. Lalu masukkan bumbu kuah kemudian aduk rata," ujar ibu rumah tangga ini.

Langkah berikutnya, tinggal menunggu kuah santan matang. Masukkan buah celimpungan satu per satu yang telah direbus. Biarkan sejenak sekitar satu menit lalu celimpungan kuah kuning siap disajikan.

"Jangan langsung matikan kompor setelah pentolan celimpungan ditambahkan, karena biar bumbu kuah meresap," timpal dia.

4. Tambahkan topping sebagai pemanis dan menambah aroma kuah

Cara Membuat Celimpungan Makanan khas Palembang, Dijamin Maknyos! Cara membuat celimpungan makanan khas Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Salmi melanjutkan, langkah terakhir setelah celimpungan dan kuah siap disantap. Jangan lupa untuk menambahkan topping dalam piring agar mempercantik tampilan saat tersaji di meja makan.

"Daun kucai untuk topping dipotong kecil-kecil untuk menambah aroma dan jadi pemanis. Supaya lebih mantap lagi tambah bawang goreng secukupnya, atau boleh juga ditambahkan banyak sesuai selera," lanjutnya.

Sejauh ini, celimpungan dari gerai Tari Cake Palembang buatan Salmi sudah banyak dipesan untuk acara-acara di Palembang.

"Kita jual celimpungan per porsi Rp12.000, selain itu di sini juga ada makanan khas Palembang lain seperti kue basah, pempek, ragit, tekwan dan lain-lain. Bisa juga pesan katering nasi kotak langsung ke rumah atau hubungi saya di nomor 082183009119," tandas dia.

Baca Juga: Rasanya Gak Kalah dengan Restoran, Resep Pempek Adaan ala Yummy

Topic:

  • Feny Maulia Agustin
  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya