Comscore Tracker

Cara Bikin Kue Bulan Sajian Khas Imlek Warga Tionghoa di Palembang

Bisa ditambah air abu agar teksturnya lebih kenyal

Palembang, IDN Times - Sajian khas pasti menjadi menu istimewa ketika hadir momen penting. Begitu juga dengan perayaan tahun baru Imlek bagi masyarakat Tionghoa di Palembang, tak lengkap jika tidak terhidang kue bulan yang merupakan menu wajib.

Memiliki cita rasa manis, kue bulan berbentuk bulat dan bertekstur kenyal. Kue bulan atau moon cake adalah penganan tradisional masyarakat Tionghoa.

Penasaran bagaimana cara membuatnya? Berikut IDN Times bagikan resep memasak kue bulan. Bisa dicoba sendiri di rumah lho!

Baca Juga: Pedagang Pasar 16 Palembang Mulai Lirik Penjualan Online

1. Kue bulan ada dua rasa, yakni kacang hijau dan kacang merah

Cara Bikin Kue Bulan Sajian Khas Imlek Warga Tionghoa di PalembangCara Buat Kue Bulan Sajian Khas Imlek Masyarakat Tionghoa di Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Menurut Ellia Sunarlin, penjual moon cake Dapur Mommy Lia Palembang, rasa manis kue bulan berasal dari gula sirup juga isinya, yakni adonan kacang hijau dan kacang merah yang telah dihaluskan sehingga ketika dicicipi kue terasa lembut.

"Bagian luar kue renyah dan tekstur dalam kue lembut. Biar adonan kenyal, bisa ditambah air abu, tapi saya tidak menambahkannya," kata pemilik akun @lia_dapurmommylia itu.

Bagi Ellia, agar moon cake menjadi sajian sehat, ia membuatnya tanpa pengawet. Kendati tak diberi pengawet, kue bulan bisa bertahan seminggu.

Namun, supaya lebih lama tahan hingga satu bulan, moon cake bisa ditambahkan air kansui (air abu).

2. Harga kue bulan ditawarkan mulai Rp35 ribu per buah

Cara Bikin Kue Bulan Sajian Khas Imlek Warga Tionghoa di PalembangCara Buat Kue Bulan Sajian Khas Imlek Masyarakat Tionghoa di Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Membuka usaha kuliner sejak tahun 2015, Ellia menawarkan kue bulan mulai Rp35 ribu per buah, sedangkan untuk parsel dengan isi empat moon cake dihargai Rp135 ribu. Sistem order, dia menerapkan pemesanan maksimal H-2 sebelum pengambilan makanan.

"Untuk yang order biasanya ratusan. Moon cake ini juga cocok untuk dijadikan hampers saat Imlek. Selain kue bulan, saya juga menjual banyak kue lain yang ditawarkan lewat online di Instagram," ujarnya.

3. Cara membuat kue bulan atau moon cake

Cara Bikin Kue Bulan Sajian Khas Imlek Warga Tionghoa di PalembangCara Buat Kue Bulan Sajian Khas Imlek Masyarakat Tionghoa di Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Cara Membuat Moon Cake

Bahan Kulit

Bahan A

Tepung terigu sebanyak 350 gram

Bahan B

Terigu 75 gram
Gula sirup 175 gram
Minyak sayur 50 gram
Soda kue 5 gram

Bahan Isian

Bisa menggunakan kacang hijau yang sudah diolah dan kacang merah. Isian bisa menyesuaikan sesuai selera. Kalau bahan kulitnya 20 gram maka isinya 35 gram.

Cara membuat :

  • Campurkan semua bahan B, aduk rata sampai tercampur dan halus.
  • Jika semua tercampur rata diamkan selama 30 menit.
  • Setelah 30 menit, campurkan bahan B dengan bahan A sampai rata dan menyatu.
  • Ketika semua sudah tercampur diamkan 15 menit dengan ditutup plastik transparan.
  • Setelah itu potong-potong adonan menjadi beberapa bagian. Bisa dengan ditimbang 20 gram bahan kulit.
  • Siapkan bahan kulit dibentuk pipih, lalu masukkan bahan isian sampai terbentuk bulatan dan isian terbungkus semua dengan bahan kulit.
  • Setelah terbentuk bulatan baru letakkan ke cetakan khusus untuk moon cake.
  • Jika semua sudah dicetak, masukan dalam oven dan dipanggang selama 20 menit.
  • Lalu keluarkan dan oles dengan telur.
  • Setelah itu dipanggang lagi selama 15 menit. Jadi deh dan matang.
  • Namun jika sudah matang jangan langsung diangkat, mengingat moon cake ini lembut maka diamankan sampai benar-benar dingin.

"Sebagai saran, agar moon cake tahan lama, jangan langsung dipegang dengan tangan," kata Ellia. Selama proses pembuatan kue, dia juga menyarankan kamu memakai sarung tangan plastik ya. 

Baca Juga: Ini Dampak Negatif Sekolah Daring Bagi Siswa Versi Psikolog Palembang

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya