Comscore Tracker

6 Sajian Khas Musi Rawas, dari Pindang Meranjat hingga Lemang

Duh, jadi laper nih. Cobain yuk!

Manis, gurih, asin, dan asam, terkumpul jadi satu ketika menikmati ragam makanan khas asal Musi Rawas (Mura), sebuah kabupaten di Sumatra Selatan (Sumsel). Ragam kuliner dari wilayah yang sempat menjadi keriesidenan Palembang pada 1825-1966 itu, memang memiliki banyak sajian lezat yang pas disantap masyarakat, wisatawan lokal, maupun mancanegara.
 
Penasaran bagaimana cita rasa menu khas Kabupaten Mura ini? Berikut IDN Times ulas dan bagikan informasi terkait. Check it out!

1. Pindang Meranjat

6 Sajian Khas Musi Rawas, dari Pindang Meranjat hingga Lemangbatiqa.com

Sumsel yang menjadi wilayah dominan sungai, membuat sejumlah kabupaten dan kota memiliki makanan khas berbahan dasar ikan. Jika di Palembang, pempek merupakan menu aslinya, tapi di Mura ada Pindang Meranjat.

Pindang Meranjat hampir mirip dengan sajian sop, yakni berkuah gurih. Namun hidangan Pindang Meranjat memiliki cita rasa asin, pedas, dan sedikit asam.
 
Seporsi Pindang Meranjat terhidang dengan ikan rebus seperti Patin, Salai, dan ikan Baung bersama daun kemangi, mentimun, dan irisan cabai merah. Ikan Gabus biasanya menjadi bahan utama olahan Pindang Meranjat. Aroma dan rasa kunyit atau jahe tak ketinggalan di Pindang Meranjat.
 
Bagi siapa pun yang ingin menikmati kelezatan Pindang Meranjat, hampir semua kabupaten dan kota di Sumsel sudah banyak menjual pindang khas satu ini. So, jangan lupa mencobanya ketika berkunjung ke Sumsel, ya!

Baca Juga: Kuliner Palembang Burgo Ditetapkan Warisan Budaya Tak Benda Nasional

2. Bubur durian

6 Sajian Khas Musi Rawas, dari Pindang Meranjat hingga LemangWarga saat menikmati buah durian di kebun durian (Foto: Naratif.id)

Bubur Durian juga menjadi salah satu sajian yang sering diburu wisatawan. Sebab durian merupakan buah favorit bagi sejumlah masyarakat. Olahan bubur durian terbuat dari gula, santan, dan garam. Bubur durian juga sering ditambahkan daun pandan ketika direbus di atas api bersama campuran bahan lainnya.
 
Aduk daun pandan bersamaan hingga mengental. Kemudian, racikan bubur durian dituang ke beras ketan yang sudah matang. Meski bubur durian bisa langsung disantap ketika matang, namun masyarakat setempat biasanya menyantap bersama roti kemang.

Baca Juga: Ternyata Palembang Punya Satai Khas, Namanya Sate Cucuk Manis

3. Roti kemang

6 Sajian Khas Musi Rawas, dari Pindang Meranjat hingga LemangRoti kemang (instagram.com/bennyarnas)

Roti kemang yang menjadi makanan pelengkap saat menikmati bubur durian, merupakan menu asli dari Muara Beliti, ibu kota Musi Rawas. Roti kemang yang bercita rasa manis, berasal dari parutan kelapa serta gula merah.

Kendati sering disantap berbarengan bubur durian, namun bagi yang ingin mencoba roti kemang tanpa hidangan bubur durian, juga tetap bisa dinikmati.

Baca Juga: Resep Malbi Lauk Khas Palembang; Manis, Gurih, dan Empuk

4. Pindang Pegagan

6 Sajian Khas Musi Rawas, dari Pindang Meranjat hingga LemangPindang ikan baung (Beragam Menu Pindang di Kota Palembang yang Bikin Ngiler, Tertarik Nyoba? - IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Selain Pindang Meranjat, Musi Rawas juga mempunyai menu lain yakni Pindang Pegagan. Serupa dengan Pindang Meranjat, Pindang Pegagan lebih populer di daerah tertentu.
 
Pindang Pegagan lebih populer di Muara Beliti. Sajian kuah ini pun sering dihidang dengan ikan Patin. Hampir sama Pindang Meranjat, Pindang Pegagan pun dimasak bersamaan rempah-rempah yang diracik dari resep turun menurun

Baca Juga: Resep Pindang Patin Palembang: Sensasi Segar, Pedas, dan Asam

5. Ikan sepit bakar

6 Sajian Khas Musi Rawas, dari Pindang Meranjat hingga LemangIkan sepit bakar (instagram.com/ayoe_yusuf)

Tidak saja pindang, olahan lain menu utama ikan di Musi Rawas pun menghidangkan makanan yang dibakar. Ikan Sepit Bambu Bakar merupakan sajian yang dibakar dengan cara dijepit memakai bambu, berbarengan dengan bumbu-bumbu istimewa hingga matang.
 
Ikan Sepit Bambu Bakar makin nikmat saat disantap bersama sambal terasi dan sambal tomat. Selain dibakar, ikan juga bisa dimasak dengan bumbu gulai yang dicampur santan. Ikan sepit biasanya diolah ketika musim ikan migrasi atau bertelur.

6. Lemang

6 Sajian Khas Musi Rawas, dari Pindang Meranjat hingga Lemanghttps://www.burp.my/

Terakhir ada Lemang, makanan berbahan dasar beras ketan yang diolah dengan santan lalu dimasukkan ke bambu. Lemang biasanya disantap bersama daging kerbau, sapi, kambing, maupun rusa. 

Meski lebih nikmat dimakan bersama olahan daging karena hampir mirip dengan lontong, namun rasa gurih Lemang juga bisa dimakan langsung tanpa bahan pelengkap lainnya. So, kalian tertarik untuk menikmatinya? Cobain yuk!

Baca Juga: Resep Dadar Jiwa, Takjil Legendaris Palembang Saat Berbuka Puasa

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya