Comscore Tracker

UMKM di Palembang Manfaatkan Bunga Telang Jadi Olahan Kuliner

Menu nasi bakar biru dan minuman es telang, mau?

Palembang, IDN Times - Bermula dari kebingungan lantaran kian banyak tumbuhan bunga telang yang merambat di sekitar pekarangan rumah, Heni Martini memutar otak untuk memanfaatkan tanaman itu. Dia pun berinovasi dan memanfaatkan bunga telang menjadi beragam olahan kuliner.

"Ternyata banyak manfaatnya (bunga telang), akhirnya ide untuk membuat olahan minuma bunga telang saya coba," kata Heni, Kamis (15/10/2020).

Baca Juga: Menilik Eksistensi Jumputan di Palembang, Kain Motif Hasil Pencelupan

1. Bunga telang bermanfaat sebagai antioksidan bagi tubuh

UMKM di Palembang Manfaatkan Bunga Telang Jadi Olahan KulinerOlahan kuliner dari bunga telang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Bernama Latin Clitoria ternetea, bunga telang merupakan tumbuhan merambat yang biasa ditemukan di pekarangan dan masuk dalam anggota suku polong-polongan.

Menyebar di daerah tropis, bunga ini banyak dimanfaatkan sebagai obat batuk dan asma serta membuang racun dalam sistem pencernaan.

"Bisa juga untuk pengobatan mata, jadi antioksidan dalam tubuh, detoksifikasi bahkan untuk memperlancar haid," kata Heni yang tinggal di Jalan Peternakan Nomor 84 Sei Selincah Kalidoni Palembang itu.

2. Bunga telah mudah didapatkan dari sekitaran pekarangan rumah

UMKM di Palembang Manfaatkan Bunga Telang Jadi Olahan KulinerOlahan kuliner dari bunga telang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Heni menuturkan ide membuat olahan bunga telang menjadi beragam kuliner juga karena ia tahu kalau manfaat bunga telah bisa menyegarkan dan menyehatkan tubuh.

Selain itu, lanjut dia, bahannya mudah ia dapatkan. Menu olahan bunga telang yang Heni buat yakni, nasi bakar biru dan minuman es telang.

"Saya juga membuat puding dan agar-agar bunga telang. Untuk nasi bakar dijual Rp15 ribu per porsi, lengkap dengan tahu tempe dan juga sambel plus lalapan. Bunga telang juga memiliki nilai ekonomis yang tinggi," tuturnya.

3. Nasi bakar bunga telang berwarna biru

UMKM di Palembang Manfaatkan Bunga Telang Jadi Olahan KulinerOlahan kuliner dari bunga telang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Sama seperti mengolah bahan lain, sambung Heni, cara membuat nasi bakar biru bunga telang juga seperti memasak nasi bakar pada umumnya.

Pakai bumbu pelengkap bawang, cabai ataupun rempah-rempah lain. Perbedaannya hanya setelah masak, nasi bakar berwarna biru dari hasil bunga telang yang sudah dihaluskan.

"Nasi dibakar pakai daun pisang juga, kalau es-nya bunga telang direbus dan hasil rebusannya diolah tinggak ditambahkan gula atau susu kalau selera," jelas dia.

Berikut bahan-bahan nasi biru bunga telang:

1. Ayam 1/2 kg
2. Bawang merah 10 siung
3. Bawang putih 5 siung
4. Cabai merah keriting 5 buah
5. Cabai rawit hijau 10 buah
6. Merica sekitr 1 sdt
7. Laos 2 ruas
8. Jahe 2 ruas
9. Daun salam 3 buah
10. Sereh 3 buah
11. Daun kemangi 1 ikat
12. Daun jeruk 3 lembar

Bagaimana, apakah kamu berminat membuat? Selamat mencoba!

Baca Juga: [WANSUS] Pemulihan Resesi Ekonomi Sumsel di Tengah Pandemik COVID-19

Topic:

  • Feny Maulia Agustin
  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya