Comscore Tracker

Tokopedia Bantu UMKM Naik Kelas Lewat Akselerasi Digital 

Omzet pelaku usaha di Palembang naik 2 kali lipat, lho

Palembang, IDN Times - Pemanfaatan digitalisasi melalui platform Tokopedia banyak membantu Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia naik kelas. Selain turut mendorong omzet UMKM, akselerasi digital memudahkan pemilik usaha mengenalkan produk yang mereka tawarkan.

"Setelah saya bergabung menjadi mitra grosir dari 2019, produk saya lebih dikenal. Omzet saya bahkan naik hingga dua kali lipat dibandingkan sebelum menjadi mitra," ujar pemilik warung di Palembang, Erni melalui acara virtual Tokopedia, Kamis (12/8/2021).

1. Penghasilan bertambah setelah menjadi penerima Tokopedia

Tokopedia Bantu UMKM Naik Kelas Lewat Akselerasi Digital Tokopedia Bantu UMKM Naik Kelas Lewat Akselerasi Digital (IDN Times/Dokumen Tokopedia)

Penjualan yang dimanfaatkan Erni lewat platform Tokopedia menawarkan produk digital dan produk grosir. Seperti menjual pulsa, layanan pembayaran paket data dan token listrik, serta melayani biaya perpajakan.

"Penghasilan dari mitra Tokopedia bisa saya gunakan untuk membeli kebutuhan rumah tangga, menyekolahkan anak, hingga membantu orangtua," ungkap Erni yang berperan sebagai orangtua tunggal.

Baca Juga: Inisiatif Hyperlocal, Cara Tokopedia Dorong UMKM Palembang Go Digital

2. Tokopedia membuka kesempatan pembayaran pajak lewat warung

Tokopedia Bantu UMKM Naik Kelas Lewat Akselerasi Digital Tokopedia Bantu UMKM Naik Kelas Lewat Akselerasi Digital (IDN Times/Dokumen Tokopedia)

Menurut Head of New Retail Tokopedia, Karina Susilo, program akselerasi adopsi platform digital bagi para pegiat usaha tradisional termasuk pemilik warung, toko kelontong, dan berbagai usaha di Indonesia, merupakan langkah Tokopedia untuk menyemangati UMKM di tengah pandemik COVID-19.

"Kami memberikan hadiah Hari UMKM bagi pelaku usaha dengan meluaskan jangkauan pembayaran digital, bisa lewat pemilik warung," jelas dia.

Karina juga menerangkan, Tokopedia sudah membantu jutaan pegiat usaha tradisional yang melayani puluhan juta masyarakat di lebih dari 500 kota maupun selama tiga tahun ke belakang.

"Jumlah penambahan kota dan kabupaten yang telah dijangkau Mitra Tokopedia kini meningkat dalam dua tahun terakhir," timpalnya.

Baca Juga: Ratusan UMKM di Sumsel Jadi Nasabah Bank Wakaf Mikro, Ini Syaratnya

3. Mitra Tokopedia menerima dampak positif hingga 80 persen keuntungan

Tokopedia Bantu UMKM Naik Kelas Lewat Akselerasi Digital Tokopedia Bantu UMKM Naik Kelas Lewat Akselerasi Digital (IDN Times/Dokumen Tokopedia)

Menurut riset Tokopedia pada Oktober 2020, pegiat usaha tradisional yang mengadopsi Mitra Tokopedia banyak menerima dampak positif. Lima dari 10 mitra disebut-sebut mempunyai tabungan tambahan, dan hampir 80 persen mitra meraih keuntungan tambahan.

Bahkan mitra Tokopedia sudah menjangkau Purwokerto, Jember, Medan Barat, Tegal hingga Banjarmasin. Pegiat usaha tradisional juga mengembangkan usaha mereka melalui fitur Grosir, Penjualan Produk Digital, hingga fitur Catat Hutang.

"Dengan dapat membantu pemilik warung mengatur pembukuan secara digital," tandas dia.

Baca Juga: Go Digital, Cara UMKM Tak Bangkrut dan Gulung Tikar

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya