Comscore Tracker

Penyaluran Kredit Usaha Rakyat BNI Syariah Palembang Tembus Rp1 Miliar

Padahal baru di awal September 2020

Palembang, IDN Times - Penyaluran kredit usaha rakyat atau KUR oleh BNI Syariah cabang Palembang mengalami kenaikan signifikan. Dari data yang tercatat di awal September 2020, dalam waktu singkat pembiayaan tembus hingga Rp1 miliar.

"Terakhir selama empat hari penyaluran di Triwulan Ketiga ini pencairan senilai Rp50 juta sampai Rp350 juta per nasabah, dengan total pembiayaan hingga Rp1 miliar," kata Senior Mikro Account Offices BNI Syariah cabang KM 3,5 Palembang, Novriansyah, melalui siaran pers yang diterima IDN Times, Selasa (8/9/2020).

1. BNI Syariah Palembang baru salurkan Rp15 miliar pendanaan KUR

Penyaluran Kredit Usaha Rakyat BNI Syariah Palembang Tembus Rp1 MiliarPexels/Anna Shvet

BNI Syariah memperluas akses pembiayaan terhadap usaha produktif melalui program pengajuan KUR iB Hasanah, untuk meningkatkan kapasitas daya saing UMKM dan penyerapan tenaga kerja.

Pihaknya menerima alokasi dana KUR sebesar Rp700 miliar, dan BNI Syariah baru menyalurkan alokasi sekitar Rp15 miliar dengan menerapkan margin flat
secara umum sebesar 6 persen di setiap keuntungan tetap.

"Produk BNI KUR iB Hasanah diharapkan bisa memaksimalkan pengembangan bisnis pembiayaan mikro BNI Syariah dan membantu mensukseskan program pemerintah dalam peningkatan perekonomian rakyat, " jelasnya.

Baca Juga: Baru 8 Persen UMKM di Sumsel yang Manfaatkan Platform Digital

2. Setelah berkas nasabah lengkap, pengajuan KUR disurvei lima hari kerja

Penyaluran Kredit Usaha Rakyat BNI Syariah Palembang Tembus Rp1 MiliarIlustrasi kredit (IDN Times/Istimewa)

Bagi nasabah, lanjut Novriansyah, pelaku usaha wajib memenuhi syarat dan ketentuan pengajuan pembiayaan di perbankan untuk mendapatkan dana KUR. Yakni, melampirkan data berupa kartu keluarga, KTP, buku nikah bagi yang telah berkeluarga, NPWP, SIUP dan SITU.

Kemudian setelah berkas lengkap, proses persetujuan pemohonan akan dilakukan survei paling lama lima hari kerja. Untuk memastikan calon nasabah tak memiliki pinjaman lain di bank lain, dan melaksanakan prinsip kehati-hatian.

"Semoga dapat mendorong produktivitas usaha mikro kecil yang mayoritas terdampak pandemik COVID-19, " lanjutnya.

3. BNI Syariah sediakan tabungan haji bagi pelaku usaha penerima KUR

Penyaluran Kredit Usaha Rakyat BNI Syariah Palembang Tembus Rp1 MiliarIlustrasi kredit (IDN Times/Arief Rahmat)

Selain penyaluran KUR lewat program iB Hasanah, BNI Syariah juga turut memberikan berbagai kemudahan bagi nasabah yang mengajukan pembiayaan dengan menyiapkan hadiah, seperti tabungan haji dan sepeda lipat.

"Jadi nanti pelaku usaha terbaik yang mengikuti program, akan mendapatkan 10 tabungan haji, 25 sepeda lipat, dan 100 cashback tabungan yang berlangsung sampai 1 Desember 2020," tandas dia.

Baca Juga: Dinas Perkebunan Sumsel Targetkan Penyaluran KUR Tembus Rp896,2 M

Topic:

  • Feny Maulia Agustin
  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya