Comscore Tracker

Hyperlocal Tokopedia Dorong Pemerataan Ekonomi Digital di Sumatra

Hadirkan program kolaborasi bersama UMKM dan pemerintah

Palembang, IDN Times - Tokopedia terus mendorong pemerataan dan pemulihan ekonomi digital di Sumatra. Melalui inisiatif Hyperlocal Tokopedia, mereka menjalankan program kolaborasi bersama Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) lokal dan pemerintah daerah.

"Tokopedia percaya kunci menghadapi pandemik adalah berkolaborasi dan berinovasi," ujar Kepala Divisi Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Daerah Tokopedia, Emmiryzan saat Virtual Media Briefing, Kamis (8/7/2022).

1. Tokopedia berkomitmen untuk #SelaluAdaSelaluBisa

Hyperlocal Tokopedia Dorong Pemerataan Ekonomi Digital di SumatraIlustrasi transaksi. (IDN Times/Aditya Pratama)

Pentingnya melakukan kolaborasi bersama pemerintah sejalan dengan mendukung dan memberikan manfaat lebih bagi masyarakat. Tokopedia kata Emmiryzan, berkomitmen #SelaluAdaSelaluBisa untuk mempermudah kehidupan penjual dan pembeli.

"Program bersama pemerintah dengan pelaku usaha kami lakukan secara konsisten," katanya.

Baca Juga: 'Dilayani Tokopedia' Kini Makin Mudahkan Warga Palembang Berbelanja

2. Tokoedia dampingi dan edukasi kualitas produksi maupun pemasaran online

Hyperlocal Tokopedia Dorong Pemerataan Ekonomi Digital di SumatraKampanye Tokopedia, Selalu Ada Selalu Bisa (Dok. Tokopedia)

Selain pemerataan dan pemulihan ekonomi digital, Tokopedia mendorong percepatan digitalisasi UMKM lokal di dalam program inisiatif Hyperlocal Tokopedia.

Yakni meliputi kampanye Kumpulan Toko Pilihan (KTP), Kampanye PASTI (Paket Sehari Tiba), dan Sekolah Kilat Seller sebagai pendampingan serta edukasi soal kualitas produksi maupun pemasaran pebisnis online kategori pemula.

Baca Juga: Mantab, Transaksi UMKM Palembang di Tokopedia Naik 3 Kali Lipat

3. Pelaku usaha turut menerima manfaat digitalisasi inisiatif Hyperlocal Tokopedia

Hyperlocal Tokopedia Dorong Pemerataan Ekonomi Digital di SumatraHyperlocal Tokopedia Dorong Pemerataan Ekonomi Digital di Sumatra

Sedangkan untuk kategori populer Tokopedia semester pertama 2022 di Sumatra termasuk di Medan, Pekanbaru, Palembang, dan Bandar Lampung, meliputi makanan dan minuman, fashion, kesehatan, elektronik dan rumah tangga.

"Sejak jual online di Tokopedia, omzet penjualan mengalami peningkatan di tiap periodenya hingga jangkauan pasar lebih luas sampai ke Manokwari," ujar Pemilik Bisnis After Beaute Lampung, Andhita Irianto.

Baca Juga: UMKM Songket Palembang Manfaatkan Tokopedia Raup Omzet Puluhan Juta

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya