Comscore Tracker

Beban Hidup Bawa Sriwijaya FC Kembali ke Liga 1, Beto: Minimal 10 Gol

Sebut skuad Laskar Wong Kito tempat balas budi

Palembang, IDN Times - Beto Goncalves akhirnya tiba di Palembang dan langsung memantau latihan sore tim Sriwijaya FC. Sekitar pukul 16:54 WIB, dirinya ikut bergabung bersama skuad berjuluk Laskar Wong Kito di Stadion Bumi Sriwijaya. Setelah datang melalui bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II sekitar 14:40 WIB, pemain naturalisasi asal Brasil itu langsung dijamu pempek oleh manajemen.

"Saya mau kembali karena sudah anggap sebagai rumah. Saya senang sekali bisa ke sini, sesuatu yang berharga dan buat saya maupun keluarga bahagia," ujarnya ketika menginjakkan kaki di stadion, sembari diiringi teriakan para suporter menyambut kedatangannya, Selasa (8/9/2020).

1. Beto terima tawaran kembali ke Sriwijaya FC melalui sambungan telepon

Beban Hidup Bawa Sriwijaya FC Kembali ke Liga 1, Beto: Minimal 10 GolBeto Goncalves tiba di Stadion Bumi Sriwijaya Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Beto menceritakan pilihannya hingga mantap berlabuh dengan tim berjersey merah maroon, karena nama besarnya di lapangan hijau berawal dari Sriwijaya FC. Klub tersebut kata Beto turut membantunya resmi berstatus Warga Negara Indonesia (WNI).

"Inilah kesempatan saya untuk berbalas budi, saya selalu optimis di tim tempat saya berada," ungkapnya.

Tanpa pikir panjang, eks pemain Persipura langsung menerima tawaran Wakil Direktur PT Sriwijaya Optimis Mandiri (SOM), Hendri Zainuddin, melalui sambungan telepon.

"Waktu awal pandemik COVID-19 di Brasil, Pak Hendri telepon dan saya langsung respon lalu menyetujuinya," timpal dia.

Baca Juga: Resmi, Sriwijaya FC Rekrut Beto Goncalves Hingga Akhir Kompetisi

2. Kembali ke Sriwijaya FC merupakan kesempatan hidup bagi Beto

Beban Hidup Bawa Sriwijaya FC Kembali ke Liga 1, Beto: Minimal 10 GolSriwijaya FC latihan (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Menurut penyerang yang sebelumnya bermain di Madura United ini, keputusannya memilih Sriwijaya FC juga didukung oleh keluarga. Apalagi pada tahun 2018 saat Sriwijaya FC turun kasta ke Liga 2, Beto menyebut turut bertanggung jawab. 

"Karena saat itu saya pikir bisa memberikan yang terbaik. Saya tahu semestinya bisa berbuat sesuatu untuk Sriwijaya FC. Tapi itu takdir, sudah terlambat. Tidak bisa lagi bantu sampai degradasi," jelasnya.

Bagi Beto, kehadirannya kembali ke tim menjadi kesempatan yang untuk ia perjuangkan. Yakni membantu Sriwijaya FC kembali berada di kasta tertinggi Liga 1 Indonesia.

"Ini kesempatan hidup saya," tegas dia.

3. Beto target cetak lebih dari 10 gol hingga akhir musim

Beban Hidup Bawa Sriwijaya FC Kembali ke Liga 1, Beto: Minimal 10 GolBeto Goncalves tiba di Stadion Bumi Sriwijaya Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Mengurai jawaban-jawaban kebahagiaan karena bisa terlibat kembali dalam pemain Sriwijaya FC, Beto menyebut hal pertama yang harus ia lakukan adalah konsisten berlatih dan beradaptasi dengan cepat.

Meski sempat berpindah ke klub lain, Sriwijaya FC katanya merupakan tempat kelahiran di dunia sepak bola. Selama tiga tahun ia meniti karir di Laskar Wong Kito dengan berbagai pengalaman. "Pokoknya saya senang," katanya.

Tak ingin terlalu bermimpi banyak, selain berharap Sriwijaya FC kembali naik kasta, Beto menarget hingga akhir musim mampu menjebol gawang lawan dengan 10 gol.

"Dulu saya punya target satu musim 20 gol. Tapi sekarang lihat situasi, ya paling banyak lebih dari 10 saja," terang dia.

4. Coach Budijo sebut kehadiran Beto bawa aura positif

Beban Hidup Bawa Sriwijaya FC Kembali ke Liga 1, Beto: Minimal 10 GolPelatih SFC Budiardjo Thalib (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Pelatih Kepala Sriwijaya FC Palembang, Budiardjo Thalib menambahkan, kehadiran Beto Goncalves diharapkan membawa aura positif untuk semua pemain. Apalagi dengan label Beto yang legendaris, ia menginginkan tim mampu bekerja sama dengan baik.

Kedatangan Beto bagi Budi menambah aura bintang yang menular untuk anak-anak asuhnya yang lain. Beto juga disebut merupakan sosok pemain dengan kemampuan luar biasa. "Saya yakin dia mudah berbaur dengan yang lain," katanya.

Budi menyampaikan, Beto akan langsung mengikuti latihan fisik bersama mulai besok, Rabu (9/9/2020) di Stadion Bumi Sriwijaya Palembang.

"Langsung latihan pagi dan sore. Pagi jam 07:30 WIB dan sore pukul 15:30 WIB. Saya percaya Beto bisa beradaptasi," tandas dia.

Baca Juga: Sriwijaya FC Lepas Dua Winger Jelang Kick Off Perdana

Topic:

  • Feny Maulia Agustin
  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya