Comscore Tracker

Tanpa Bantuan Pemerintah, PBI Sumsel Ikut Seleknas SEA Games 2021

Dilaksanakan di JSC Bowling Center

Palembang, IDN Times - Sejumlah atlet dari Persatuan Boling Indonesia Sumatra Selatan (PBI Sumsel) mulai mengikuti Seleksi Nasional (Seleknas) SEA Games Vietnam 2021. Sebanyak 11 atlet junior dan senior melakukan penjaringan selama tiga hari, 20-22 Januari, di Jakabaring Sport City (JSC) Bowling Center Palembang.

"Kami mendapat kabar menuju seleknas kira-kira dua minggu lalu untuk persiapan 12 Januari menuju seleknas. Persiapan kita kurang dari 10 hari, dan penyelenggaraan ini tidak mendapat bantuan pemerintah, semua hasil kerja sama PBI daerah dan para atlet," ujar Pelatih Atlet Boling Sumsel, Aswin, Rabu (20/1/2021).

1. Cabor boling tidak masuk PON di Papua

Tanpa Bantuan Pemerintah, PBI Sumsel Ikut Seleknas SEA Games 2021Atlet Sumsel ikuti Seleknas Sea Games 2021 di JSC Bowling Center (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Para atlet yang berpartisipasi dalam pelatnas harus mempersiapkan diri dengan terburu-buru, karena PBI Sumsel menerima kabar dalam waktu yang cukup singkat. Aswin bahkan mengakui, selama ini atletnya kurang melakukan latihan karena COVID-19.

Kendati demikian, PBI Sumsel berupaya menyiapkan atlet secara maksimal. Dalam jangka waktu yang pendek, atlet boling Sumsel disiplin berlatih tanpa absen menghadapi turnamen nasional.

"Kita latihan hanya enam sampai tujuh kali, persiapan kita mandiri tidak ada bantuan. Mungkin karena tahun ini kita tidak masuk dalam cabor PON di Papua," kata dia.

Baca Juga: Tepis Olahraga Mewah, Herman Deru: Semua Lapisan Bisa Bermain Boling

2. Total ada 11 atlet Sumsel bersaing dengan daerah lain

Tanpa Bantuan Pemerintah, PBI Sumsel Ikut Seleknas SEA Games 2021Atlet Sumsel ikuti Seleknas Sea Games 2021 di JSC Bowling Center (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Aswin menyampaikan, dari 11 atlet Sumsel yang ikut seleknas terdapat perwakilan di kelas junior putra 3 orang, junior putri 2 orang, dan senior putra maupun putri masing-masing 3 orang. Berdasarkan evaluasi mereka, Aswin mengandalkan Elsa Maris mampu menjadi perwakilan Indonesia untuk SEA Games nanti.

"Karena dia paling bagus. Prestasi terbaik dia di Asia Paragames Jakarta mendapatkan medali emas dan perak. Semua atlet nasional yang ikut ini hanya diambil dua orang perwakilan Tanah Air, saya harap Elsa masuk," ungkap dia.

Sedangkan untuk atlet nasional yang cukup sulit yakni Nadia Paramanik perwakilan dari Pulau Jawa. Kendati cukup sulit, Aswin mengungulkan potensi Elsa karena poin yang masih tinggi dibandingkan atlet lain.

"Kalau sudah mewakili Indonesia, lawan berat SEA Games seperti biasa, ada Malaysia, Singapura, dan Thailand. Kalau bowling Vietnam tidak menonjol," jelasnya.

Baca Juga: Asian Games 2018: Aldila Indryanti Jadi Andalan Boling Meraih Emas

3. PBI Sumsel fokus cari atlet potensial setelah seleknas

Tanpa Bantuan Pemerintah, PBI Sumsel Ikut Seleknas SEA Games 2021Atlet Sumsel ikuti Seleknas Sea Games 2021 di JSC Bowling Center (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Sebelum ikut seleknas, atlet potensial Sumsel sudah melaksanakan Traning Center (TC) di JSC Bowling Center Palembang beberapa kali. Selama latihan berlangsung, internal PBI daerah tidak mendapati hambatan. Namun karena waktu berlatih tidak banyak, sebagai pelatih Aswin super ekstra mengevaluasi atlet.

"Kalau TC kita latihan terus dengan kondisi yang ada. Betul memang keadaan tidak mendukung, tapi kita harus maksimal. Paling tidak kita memeriksa lintasannya (bola boling) bagus dan peralatan kita ada," terang dia.

Aswin melanjutkan, ke depan setelah seleknas ada atlet Sumsel yang lolos kemudian ikut pelatihan nasional (pelatnas). PBI Sumsel akan fokus mencari atlet potensial baru.

"Karena dari 11 atlet kita ada usia 14 tahun. Kita tahu mereka belum waktunya tapi kita lihat kemampuannya, tujuan penting adalah pembinaan jangka panjang," tandas dia.

Baca Juga: Empat Pemain PSM Bersaing di Timnas untuk SEA Games

Topic:

  • Feny Maulia Agustin
  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya