Comscore Tracker

Hadapi PON Papua, Tenis Sumsel Ikuti Pelatda Akhir Februari 2021

Enam atlet Sumsel sudah dinyatakan lolos seleksi

Palembang, IDN Times - Cabang Olahraga (Cabor) tenis kontingen Sumatra Selatan (Sumsel) segera mengikuti Pelatihan Daerah (Pelatda) atau Training Camp (TC) bersama pada Februari mendatang.

Pelatda bagi para atlet itu dilakukan Sumsel untuk menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua pada Oktober 2021 mendatang.

"Ada enam orang atlet tenis Sumsel lolos ke PON Papua. Empat dari beregu dan dua perorangan," ujar Sekretaris Umum Pengprov Persatuan Tenis Lapangan Indonesia (Sekum Pelti) Sumsel, Arianto, Selasa (26/1/2021).

1. Enam atlet bakal ikut TC di Palembang, Jakarta, dan Yogyakarta

Hadapi PON Papua, Tenis Sumsel Ikuti Pelatda Akhir Februari 2021Ilustrasi atlet tenis Indonesia, Christo/Dila (Instagram.com/christorungkat)

Berdasarkan jadwal, keenam atlet tersebut baru akan menjalani TC pada akhir Februari dan akan mengikuti pelatihan dasar selama tujuh bulan. Durasi pelatda itu ditetapkan demi mendapatkan hasil yang maksimal menuju PON Papua.

"Mereka adalah Rafidia Muhammad, Afrizal Ivansevic, Jones Pratama, Dimas Riski, Anan Cesar dan Mahendra. Keenam atlet ini selain menjalani TC di Sumsel juga akan TC di Jakarta dan Yogyakarta," kata Arianto.

Baca Juga: KONI Sumsel Launching Jadwal Pelatda PON Papua

2. Rencana TC di Thailand batal akibat pandemik COVID-19

Hadapi PON Papua, Tenis Sumsel Ikuti Pelatda Akhir Februari 2021Situasi kantor KONI Sumsel di Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Sebelum memutuskan pelatda bersama, Pelti Sumsel sempat merencanakan menggelar TC di Bangkok, Thailand, selama lima Minggu. Namun rencana itu batal karena pandemik COVID-19.

"Tapi batal karena COVID-19 dan PON Papua ditunda, dari 2020 hingga Oktober 2021," ungkapnya.

3. Sebut banyak turnamen tenis yang tak terekspos

Hadapi PON Papua, Tenis Sumsel Ikuti Pelatda Akhir Februari 2021Ilustraso bermain tenis (Instagram/leedonghae)

Ariyanto menjelaskan, prestasi terbaru yang diraih Pelti Sumsel adalah menjadi juara pertama di kejuaraan tenis Batam dan Jambi. Kemudian masuk empat besar di Internasional Pacific yang digelar Desember 2020 lalu.

"Turnamen tenis banyak yang tidak terekspos, padahal Jones Pratama itu adalah lapis kedua Timnas Indonesia dan kemarin meraih juara pertama di Jambi," jelas dia.

4. Target tembus Semifinal di PON Papua

Hadapi PON Papua, Tenis Sumsel Ikuti Pelatda Akhir Februari 2021Ilustrasi berolahraga tenis (facebook/faridmakruf)

Menyoal pencapaian target Pelti Sumsel di PON Papua, Arianto tidak memasang harapan tinggi. Dirinya mendorong atlet tenis Sumsel bertanding maksimal hingga lolos ke babak Semifinal.

"Target empat besar atau Semifinal, karena level kita masih di situ, apalagi kita bermain di kategori beregu. Namun kita berharap bisa mengambil peluang medali lewat Jones Pratama di nomor tunggal putra," tandas dia.

Baca Juga: Jelang PON Papua 2021 Atlet Sumsel Bakal Pelatda Tujuh Bulan

Topic:

  • Feny Maulia Agustin
  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya