Comscore Tracker

Cabor Dayung Sumsel Tambah Medali Perunggu di PON Papua

50 meter dari finish, tim Sumsel menyamai waktu tim Sulteng

Palembang, IDN Times - Cabang olahraga (cabor) dayung Sumatra Selatan (Sumsel) menambah raihan medali perunggu di beregu putra nomor men 4X, Jumat (8/10/2021). Raihan ini menambah medali setelah sebelumnya dayung putri mendapatkan dua perunggu, Kamis (7/10/2021).

"Bersyukur kami bawa satu perunggu tambahan, meski kalah dari Jabar dan DKI Jakarta," ujar pedayung Sumsel, Luckyus, melalui siaran pers yang diterima IDN Times.

Baca Juga: Cabor Anggar Sumsel Kembali Sumbang Emas di PON Papua 2021 

1. Memasuki 50 meter menuju finish, tim Sumsel menyamai waktu Sulteng

Cabor Dayung Sumsel Tambah Medali Perunggu di PON PapuaVenue Dayung di PON Papua (IDN Times/Dokumen)

Laga yang berlangsung di Teluk Youtefa, Jayapura, semua kontingen cabor dayung mengarungi lintasan sepanjang 2000 meter. Tim dayung Sumsel yang diperkuat Luckyus, Diki, M Sukrin, dan Sura Bramasta, sejak awal bersaing dengan kontingen DKI Jakarta, Sulawesi Tengah (Sulteng), dan Jabar hingga 500 meter pertama.

Memasuki jarak 1000 hingga 1500 meter, tim Jabar mulai sedikit menjauh di depan, begitu pula dengan tim dayung DKI Jakarta, diikuti tim dayung Sulawesi Tengah. Namun saat pertandingan tinggal 400 meter, tim dayung Sumsel kian melaju kencang, mengejar tim Sulteng.

"Hingga lomba memasuki 50 meter terakhir, kami mulai berhasil menyamai laju dayung Sulteng," kata dia.

2. Tim dayung Sumsel catat waktu 06.12.514 menit

Cabor Dayung Sumsel Tambah Medali Perunggu di PON PapuaANTARA FOTO/INASGOC/Rahmad Suryadi

Sementara tim Sulteng yang juga kencang mengkayu dayungnya, ketika masuk finish, keduanya tampak posisi yang sama. Namun 30 detik setelah menyentuh garis finish, layar besar yang dihubungkan dengan tim juri, menunjukkan tim dayung Sumsel finish lebih dahulu, dengan selisih waktu tipis.

"Sumsel dengan waktu 06.12.514, sementara Sulteng 06.12.846. Akhirnya kita juara ketiga, tadi kita pasrah karena jauh tertinggal. Tapi kita terus berjuang," jelasnya.

3. Kontingen Sumsel sempat pasrah saat pertandingan

Cabor Dayung Sumsel Tambah Medali Perunggu di PON PapuaPedayung Sulawesi Selatan, Sulfianto, saat bertanding di cabor dayung canoeing nomor Men's Single Sculls (M1X) yang berlangsung di Teluk Youtefa, Kota Jayapura, Selasa 5 Oktober 2021. (PB PON XX PAPUA / Robertus Pudyanto)

Kontingen Sumsel tetap bersemangat dengan raihan di posisi ketiga itu. Bahkan Luckyus tampak riuh gembira menyambut pengalungan medali perunggu. Menurut pelatih rowing Sumsel, Yuni, semua atletnya sudah memberikan kekuatan terbaik.

"Awalnya sempet pasrah, karena timnya jauh tertinggal. Syukur memasuki finish, laju perahu atlet kita melaju kencang, sehingga berhasil mengejar tim dayung Sulteng, dan ternyata finish lebih dulu," kata Yuni.

Baca Juga: Kaki Keram, Agni Bawa Cabor Dayung Sumsel Raih Perunggu di PON Papua 

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya