Comscore Tracker

Seorang Polisi Dalangi Perampokan ATM Lubuk Linggau 

Pembobolan ATM yang terjadi Subuh menjadi tontontan warga

Lubuk Linggau, IDN Times - Pembobolan satu unit mesin ATM BRI di Pengadilan Agama (PA) Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Air Kuti, Kota Lubuk Linggau, Sumatra Selatan (Sumsel) menghebohkan masyarakat pada Minggu (14/8/2022) sekitar pukul 05.00 WIB.

Meski mesin ATM tersebut tak berhasil dibawa kabur perampok, perampok juga meninggalkan mobil Taft Hiline yang digunakan pelaku mengangkut mesin tersebut.

Baca Juga: Maling Ini Ditangkap Korbannya Saat Ketahuan dan Ditinggal 2 Rekannya

1. Seorang pelaku sebagai polisi yang bertugas di Empat Lawang

Seorang Polisi Dalangi Perampokan ATM Lubuk Linggau Jurnal sumatra

Belakangan diketahui seorang anggota Polisi yang berdinas di Polres Empat Lawang menjadi dalang perampokan ATM tersebut. Pelaku pembobol ATM di Lubuk Linggau bernama M Kurniadi (26), warga Desa 3A Mekar Kaya, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang.

Kasatreskrim Polres Lubuk Linggau, AKP M Romi menyampaikan, pelaku ditangkap berkat barang bukti yang diamankan anggotanya saat olah TKP.

"Saat melakukan olah TKP, anggota mengamankan beberapa barang bukti di antaranya mobil Taft, tas ransel, dan kaos polisi," ujarnya saat dikonfirmasi, Senin (15/8/2022).

Baca Juga: Viral Ibu Muda Gendong Bayi Baru Lahir Sambil Ngelem

2. Polisi masih kejar dua pelaku lain yang kabur

Seorang Polisi Dalangi Perampokan ATM Lubuk Linggau Ilutrasi DPO. IDN TImes/M Shakti

Setelah mengamankan barang bukti dari hasil penyelidikan bahwa mobil tersebut merupakan milik Rendi, Warga Kabupaten Empat Lawang, mobil tersebut ternyata dipinjamkan kepada M Kurnadi dan anggotanya langsung mengamankan pelaku.

"Setelah diinterogasi akhirnya pelaku mengakui bahwa dia melakukan aksi pembobolan ATM bersama dua orang temannya. Saat ini kedua temannya sudah ditetapkan ke dalam Daftar Pencarian Orang (DPO)," terangnya.

Terkait atas status pelaku yang merupakan anggota kepolisian, pihaknya menjelaskan akan tetap menindak tegas siapa pun yang melakukan kriminalitas tanpa memandang status.

"Kami cinta Polri, kami hanya benci dengan orang yang merusak nama besar Polri. Siapa pun itu akan diberikan sanksi yang sesuai dengan tindak kejahatannya," tegasnya.

3. Warga sempat saksikan perampok angkut mesin ATM ke mobil

Seorang Polisi Dalangi Perampokan ATM Lubuk Linggau Ilustrasi Perampok Bank (IDN Times/Mardya Shakti)

Dari tangan pelaku, petugas berhasil mengamankan barang bukti berupa 1 unit mobil Daihatsu warna hitam, 1 unit mesin ATM BRI merek Wincor Procah 280 warna silver Denon, dan 5 kotak yang berisi pecahan uang Rp100 ribu.

Aksi pencurian mesin ATM sempat dilihat dan direkam oleh warga. Namun warga tidak berani mendekat karena khawatir empat kawanan pelaku membawa senjata api. Video detik-detik warga melihat pencurian mesin ATM beredar di media sosial setelah mendengar suara dentuman keras.

Warga hanya bisa menyaksikan aksi pencurian itu sambil berteriak-teriak. Dalam video terlihat jelas empat pelaku berhasil menarik keluar mesin ATM menggunakan mobil, dan berusaha mengangkat mesin ke mobil. Namun usaha mereka gagal karena sulit untuk mengangkat mesin ATM ke mobil. 

Baca Juga: 34 Persen Siswa Palembang Belum Selesaikan Vaksinasi COVID-19

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya