Pelajar Jeme Lahat dan Pagar Alam ke Paskibraka Nasional Wakili Sumsel

Keduanya bakal menjalani karantina dan seleksi mulai 25 Juli

Lahat, IDN Times - Dua orang siswa berprestasi asal Kabupaten Lahat dan Kota Pagar Alam, akan mewakili Provinsi Sumatra Selatan (Sumsel) sebagai Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) 17 Agustus di iIstana Merdeka.

Keduanya yakni Aisyah Ramadhani, siswi Kelas X MIPA 3 SMA Negeri 2 Lahat dan M Carlos Aldionsi sebagai siswa yang berasal dari SMA Negeri 1 Pagar Alam.

Baca Juga: Anak Petani Kopi Asal Pagaralam Jadi Pembawa Baki Paskibraka Sumsel 

1. Aisyah akui lolos ke nasional bukan perkara mudah

Pelajar Jeme Lahat dan Pagar Alam ke Paskibraka Nasional Wakili Sumsel(Ilustrasi) IDN Times/Indah Permata Sari

Aisyah mengatakan, dirinya tidak pernah menyangka jika berhasil dipilih menjadi anggota Paskibraka Nasional. Ia mengaku bangga bisa membawa nama SMA Negeri 2 Lahat dan Sumsel.

"Alhamdulillah, sebenarnya saya tidak menyangka bisa lolos sampai ke tingkat nasional. Karena untuk bisa lolos ke tingkat nasional bukan hal mudah, apalagi persaingan yang saya hadapi cukup ketat sekali," ujar dara kelahiran Lahat, 2 Oktober 2006 ini.

Baca Juga: 4 Syarat Menjadi Paskibraka Sumsel, Tak Cuma Fisik yang Kuat!

2. Berangkat karantina pada 25 Juli mendatang

Pelajar Jeme Lahat dan Pagar Alam ke Paskibraka Nasional Wakili SumselDok.IDN Times/istimewa

Ia mengaku, keberhasilannya lolos seleksi Paskibraka sampai ke tingkat nasional tidak terlepas dari doa orangtua, guru-guru di sekolah, serta pembimbing Paskibraka dan teman-teman sesama anggota Paskibraka di daerah. 

"Mungkin tanpa doa orangtua serta bimbingan mereka, saya gagal lolos seleksi saat itu. Doakan saja saya bisa mengharumkan nama daerah dan menjalani karantina pada 25 Juli nanti," jelasnya.

Baca Juga: Intip Menu Makanan Paskibraka Sumsel, Tinggi Protein dan Gizi Seimbang

3. Gubernur Sumsel minta jaga kondisi fisik jelang hari H

Pelajar Jeme Lahat dan Pagar Alam ke Paskibraka Nasional Wakili Sumsel(Ilustrasi latihan Paskibraka) ANTARA FOTO/Siswowidodo

Gubernur Sumsel, Herman Deru saat menerima kedatangan keduanya di Kantor Gubernur pada Jumat lalu mengatakan, dirinya bangga ketika pelajar asal Bumi Sriwijaya bisa mengemban tugas dan amanah penting pada upacara 17 Agustus mendatang.

"Keduanya akan diberangkatkan untuk mengikuti karantina di Cibubur dalam rangka persiapan mengikuti Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI," ujar Deru.

Seleksi sebelumnya juga dilalui dengan tidak mudah. Sebanyak 102 orang perwakilan dari 17 kabupaten dan kota di Sumsel, keduanya terpilih melalui seleksi yang ketat.

"Terpilihnya Carlos dan Aisyah membuat saya dan warga Sumsel bangga. Saya titip pesan untuk keduanya agar menjaga mental dan kesehatan fisik sehingga tetap fit menjelang hari H nanti," pesannya.

Paskibraka perwakilan dari setiap provinsi mengirim masing-masing dua orang untuk mengikuti prosesi Upacara Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 di Istana Kepresidenan. Keduanya akan menjalani pelatihan di Cibubur, Jakarta Timur, bersama dengan calon aggota Paskibra lain dari seluruh daerah di Indonesia.

Baca Juga: Jadi Impian Anggota Putri Paskibraka, Apa Sih Vitalnya Pembawa Baki!

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya