Ayah-Anak Warga OKI Retas Ponsel Kapolda Jateng, Sempat Ambil Alih WA

Keduanya merupakan ayah dan anak warga Tulung Selapan

Ogan Komering Ilir, IDN Times - Tim gabungan Polda Jawa Tengah (Jateng) dibantu Polda Sumatra Selatan (Sumsel) mengamankan ayah dan anak warga Kayu Ara, Kecamatan Tulung Selapan, Kabupaten OKI. Keduanya meretas ponsel genggam Kapolda Jateng, Irjen Pol Achmad Luthfi.

Kedua pelaku ditangkap saat berada di kawasan Tulung Selapan, OKI, Minggu (30/7/2023) pagi. Mereka langsung diberangkatkan dari Palembang ke Semarang Senin sore untuk menjalani proses penyelidikan.

Baca Juga: 2 Kurir Narkoba Ditangkap di Atas Speed Boat Tujuan Pulau Bangka

1. Polisi langsung mendatangi kediaman pelaku

Ayah-Anak Warga OKI Retas Ponsel Kapolda Jateng, Sempat Ambil Alih WApexels.com/Andri

Kasubdit 3 Jatanras Polda Sumsel, Kompol Agus Prihadinika mengatakan, pihaknya membantu Polda Jateng untuk menangkap pelaku peretasan ponsel milik Kapolda Jateng.

"Pelaku merupakan ayah dan anak ditangkap di Tulung Selapan OKI. Tim gabungan langsung menggerebek kediaman kedua pelaku di Desa Kayu Ara, Kecamatan Tulung Selapan, setelah dilakukan penyelidikan," ujarnya.

Baca Juga: Syaiful Jamil Jenguk Lina Mukherjee Sambil Bawa Ayam Goreng

2. Ada 28 personel gabungan diterjunkan

Ayah-Anak Warga OKI Retas Ponsel Kapolda Jateng, Sempat Ambil Alih WAIlustrasi tersangka (IDN Times/Mardya Shakti)

Dalam penggrebekan tersebut ada sebanyak 24 personel Polda Sumsel yang diturunkan untuk mendampingi empat anggota Polda Jateng.

"Ada 16 anggota Jatanras, 7 anggota Subdit Siber Ditreskrimsus Polda Sumsel, dan 4 anggota dari Polda Jateng," jelasnya.

3. Pelaku kuras rekening Kapolda melalui file APK

Ayah-Anak Warga OKI Retas Ponsel Kapolda Jateng, Sempat Ambil Alih WAIlustrasi peretasan atau kejahatan siber (Pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Kasubdit 5 Siber Ditreskrimsus Polda Sumsel, AKBP Fitriyanti menjelaskan, pelaku mengirimkan undangan dengan file APK sebagai varian dan improvisasi penipuan online.

“Tujuannya menguras rekening korban atau memanfaatkan data pribadi. Kita berharap kepada masyarakat agar dapat lebih waspada. Abaikan dan hapur nomor-nomor yang tidak kenal,” ungkapnya.

4. Pelaku mengambil alih akun WhatsApp

Ayah-Anak Warga OKI Retas Ponsel Kapolda Jateng, Sempat Ambil Alih WA(Kapolda Jateng, Irjen Pol Achmad Luthfi) IDN Times/istimewa

Para pelaku juga biasanya mengirimkan file baik dalam bentuk gambar, tautan, bukti transfer, surat undangan, surat tilang, maupun file gambar dengan format APK atau PDF.

“Para pelaku ini juga biasanya mengambil alih WA korban dengan target dapat menyebarkan jebakan menggunakan akun WA tersebut ke kontak lain,” tutupnya.

Baca Juga: 1 Pekerja PLTU Sumsel Tewas Terjepit Alat Berat Saat Dikemudikan

Baca Juga: Eks Supervisor PT MEP Muba Tersangka Penggelapan Tagihan Listrik

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya