Polisi OKUT Modifikasi Mobil Gratis Internet untuk Pelajar di Pelosok

Modifikasi mobil operasional dengan biaya pribadi

OKU Timur, IDN Times - Seorang anggota polisi di satuan Lalu Lintas Polres Ogan Komering Ulu Timur (OKUT) bernama Bripka Rino Riki Saputra memodifikasi mobil agar bisa menyediakan internet gratis bagi siswa di pelosok. 

Rino terdorong membuat mobil dengan wifi gratis itu karena menyadari betul kesulitan siswa di pelosok dalam mengikuti pembeajaran jarak jauh--utamanya karena minim akses internet. 

"Sebagian besar siswa kesulitan mengikuti belajar secara daring karena orangtuanya kurang mampu membeli pulsa atau kuota internet," ungkap Rino, Sabtu (14/11/2020).

Baca Juga: 15 Daerah di Sumsel Zona Oranye COVID-19, Terbanyak Klaster Kantor

1. Sisihkan gaji dan tabungan untuk modifikasi Mobil Peduli Pendidikan

Polisi OKUT Modifikasi Mobil Gratis Internet untuk Pelajar di PelosokProses belajar anak-anak di pedalaman OKUT (IDN Times/Polres OKUT)

Kendaraan yang dia modifikasi itu diberi nama Mobil Peduli Pendidikan. Menurut Rino, mobil itu juga menyediakan buku untuk perpustakaan.

Ide mobil ini terbersit setelah dia menyadari tidak semua anak dapat mengakses pendidikan secara mudah. Berbekal mobil operasional polisi yang sudah tidak layak pakai, ia mulai melakukan modifikasi secara perlahan hingga layak masuk ke pelosok.

"Ide modifikasi ini saya bangun dengan biaya pribadi dan dibantu Kapolres OKUT. Saya melihat banyak siswa terkendala belajar daring. Saya ingin membantu masyarakat di pelosok pedalaman khususnya pelajar yang kurang mampu," jelas dia.

2. Rino temukan banyak kendala anak di pelosok

Polisi OKUT Modifikasi Mobil Gratis Internet untuk Pelajar di PelosokPerpustakaan mini mobil peduli pendidikan Polres OKUT (IDN Times/Polres OKUT)

Rino menuturkan, kendala lainnya dari para siswa adalah kurangnya smartphone. Tak jarang para siswa harus menumpang kepada temannya yang memiliki perangkat seluler untuk belajar secara daring. Kondisi ini tentu menyebabkan pembelajaran menjadi tidak kondusif.

"Kita memberikan wifi gratis, juga menyediakan buku yang bisa diakses oleh siswa saat mobil masuk. Anak-anak bebas membaca di sana dan mengakses modul belajar di internet," ungkap dia.

3. Para siswa dikumpulkan di satu lokasi untuk proses belajar

Polisi OKUT Modifikasi Mobil Gratis Internet untuk Pelajar di PelosokProses belajar anak-anak di pedalaman OKUT (IDN Times/Polres OKUT)

Rino akan berkeliling menggunakan mobil operasional polisi yang telah dimodifikasi itu untuk masuk ke pedalaman OKUT bersama beberapa rekannya. Selama pandemik dia bertekad anak-anak tidak perlu lagi kesulitan mendapatkan akses pendidikan yang memadai.

"Para siswa kita tentukan titik kumpulnya, sesuai waktu jam dan tempat yang disepakati untuk kegiatan proses belajar mengajar melalui daring dan perpustakaan mini tersebut," jelas dia.

4. Kapolres OKUT apresiasi inovasi anggotanya

Polisi OKUT Modifikasi Mobil Gratis Internet untuk Pelajar di PelosokProses belajar mengajar dengan mobil peduli pendidikan (IDN Times/Polres OKUT)

Sementara itu, Kapolres OKUT AKBP Darlizon mengapresiasi, kerja anggotanya yang berinisiatif lebih untuk pendidikan di tengah pandemik. Dirinya mengungkapkan turut mendukung dan membantu anggotanya yang berani berinovasi di tengah pandemik.

"Kita dukung proses mencerdaskan kehidupan berbangsa apalagi saat ini di tengah pandemik COVID-19 peran pendidikan sangatlah penting guna mencerdaskan generasi penerus bangsa dan negara," jelasnya.

Baca Juga: Konsisten Tekan COVID-19, Mal di Palembang Masih Batasi Operasional

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya