Comscore Tracker

Pendaftar Panwascam Palembang Didominasi Pegawai Swasta dan IRT

14 persen pendaftar Panwascam belum memiliki pekerjaan 

Palembang, IDN Times - Pendaftaran Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Kota Palembang telah ditutup 1 Oktober 2022. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Palembang mencatat ada sekitar 625 orang yang mendaftar sebagai Panwascam di Pemilu 2024 mendatang.

"Pendaftaran sudah ditutup. Hingga hari terakhir ada 445 pendaftar laki-laki dan 180 pendaftar perempuan," ungkap Ketua Bawaslu Palembang, Taufik, Rabu (5/10/2022).

Baca Juga: DPW Nasdem Sumsel Siapkan Strategi Menangkan Anies Baswedan

1. Ibu rumah tangga juga mendaftar panwascam

Pendaftar Panwascam Palembang Didominasi Pegawai Swasta dan IRTIlustrasi Pemilu (IDN Times/Arief Rahmat)

Taufik menjelaskan, pendaftaran sebagai Panwascam terbuka untuk masyarakat umum. Dari hasil pendaftaran diketahui peminat pendaftar Panwascam rata-rata adalah pegawai swasta.

"Sebanyak 62 persen adalah pegawai swasta, disusul 14 persen tidak memiliki pekerjaan, 12 persen guru, tujuh persen Ibu Rumah Tangga (IRT), tiga persen Aparatur Sipil Negara (ASN), dan 2 persen advokat," ujar dia.

Baca Juga: PAN Sumsel Usulkan 3 Nama Capres: Zulhas, Anies, dan Erick Tohir 

2. Bawaslu tidak perpanjang pendataran pemilu

Pendaftar Panwascam Palembang Didominasi Pegawai Swasta dan IRTIlustrasi Pemilu (IDN Times/Arief Rahmat)

Taufik menambahkan, kuota keterlibatan perempuan sebagai Panwascam sudah memenuhi kuota 30 persen per kecamatan di Kota Palembang.

"Semua kebutuhan sudah terpenuhi. Sesuai pedoman perekrutan Panwascam Bawaslu Kota Palembang, tidak melakukan perpanjangan masa pendaftaran calon anggota Panwaslu Kecamatan untuk pemilu 2024," jelas dia.

3. Panwascam mengawasi Pemilu di tingkat kecamatan

Pendaftar Panwascam Palembang Didominasi Pegawai Swasta dan IRTIlustrasi Pemilu (IDN Times/Arief Rahmat)

Panwascam bertugas mengawasi pemutakhiran pemilih berdasarkan data kependudukan, dan penetapan daftar pemilih sementara, serta daftar pemilih tetap. Lalu mengawasi seluruh proses pemilu sebelum hingga sesudah pencoblosan.

Baca Juga: Ratusan Perempuan di Sumsel Deklarasi La Nyalla Capres 2024

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya