Comscore Tracker

Gubernur Sumsel: Kenaikan Kasus COVID-19 karena Testing Diperluas

Menurutnya, kesadaran warga untuk diperiksa makin meningkat

Palembang, IDN Times - Jumlah kasus positif COVID-19 di Sumatra Selatan (Sumsel) dalam dua hari terakhir meningkat drastis. Dari data terakhir kemarin, positif COVID-19 mencapai 1.020 kasus. Sedangkan hari ini meningkat sebesar 1.249 kasus.

Jumlah kasus ini dianggap sebagai akibat penyebaran virus varian Delta yang meluas. Namun menurut Gubernur Sumsel, Herman Deru, peningkatan kasus COVID-19 juga disebabkan upaya testing yang diperbanyak

"Testing kita saat ini tinggi dan pelacakan sangat meluas. Selama ini kita bikin kebijakan, siapa saja bisa di-testing dan tracing. Jadi jangan kaget ada kenaikan kasus," ungkap Deru, Rabu (28/7/2021).

1. Kenaikan kasus positif harus dilihat secara luas

Gubernur Sumsel: Kenaikan Kasus COVID-19 karena Testing DiperluasIlustrasi PPKM mikro (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Menurut Deru, kenaikan kasus ini harus dilihat secara positif. Keinginan masyarakat untuk memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan dan laboratorium semakin tinggi. Warga yang positif umumnya merupakan pasien isolasi mandiri (isoman).

"Kita harus lihat perspektif masyarakat, ternyata mereka sangat ingin tahu bagaimana kondisi kesehatannya, apakah tertular atau tidak," jelas dia.

Baca Juga: 2 Kriteria Ini Jadi Alasan Palembang Menerapkan PPKM Level 4

2. Sumsel tunggu kiriman vaksin dari pemerintah pusat

Gubernur Sumsel: Kenaikan Kasus COVID-19 karena Testing DiperluasVaksinasi penumpang di Bandara SMB II Palembang (IDN Times/Rangga Erfizal)

Deru menjelaskan, pihaknya juga coba mewujudkan herd immunity (kekebalan komunal), salah satunya vaksinasi secara masif. Hal ini bisa terwujud jika jumlah vaksin yang masuk cukup banyak.

Rencana, vaksin akan kembali datang dengan merek Moderna. Vaksin ini diharap dapat mempercepat proses target herd immunity.

"Apa pun jenis dan merek vaksin kalau disetujui oleh BPOM, saya yakin dan akan kita ikuti," jelas dia.

Baca Juga: Pasien Isoman Sumsel Mencapai 4.356 Orang, Dinkes Diminta Pantau Ketat

3. Pasokan oksigen di Sumsel juga aman

Gubernur Sumsel: Kenaikan Kasus COVID-19 karena Testing DiperluasPengisian tabung oksigen di Palembang (IDN Times/Rangga Erfizal)

Sedangkan kebutuhan dan stok oksigen di Bumi Sriwijaya katanya tetap terpenuhi. Deru menjelaskan, jika selama ini dirinya sering ditelepon beberapa kepala daerah seperti Sumatra Barat (Sumbar), Bengkulu, Lampung, Jawa Barat (Jabar), dan Jawa Timur (Jatim) untuk meminta pasokan oksigen.

"Sebelum memastikan kiriman ke daerah lain, saya pastikan kebutuhan Sumsel. Sehingga masyarakat Sumsel tidak perlu khawatir," tutup dia.

Baca Juga: Sumsel Kirim Bantuan 85 Ton Oksigen ke Jabar

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya