Comscore Tracker

Buruh Demo di DPRD Sumsel, Polisi Alihkan Arus Lalu Lintas Palembang

Situasi tentatif tergantung masa yang berdemonstrasi

Palembang, IDN Times - Satuan Lalu Lintas Polrestabes Palembang mengalihkan arus lalu lintas di kawasan Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sumatra Selatan (DPRD Sumsel), menyusul rencana demonstrasi Gerakan Pekerja-Buruh Untuk Keadilan Sumatra Selatan (GEPBUK SS) bersama mahasiswa, Kamis (15/10/2020).

Massa buruh dan mahasiswa kembali turun ke jalan dengan isu yang sama, yakni menolak Undang-Undang Omnibus Law Cipta Kerja. Aksi itu akan difokuskan di dua lokasi yakni Gedung DPRD dan Kantor Gubernur Sumsel.

"Pengalihan arus lalu lintas dari dan ke kantor DPRD Sumsel akan dialihkan untuk mengantisipasi unjuk rasa," ujar Direktur Lalu Lintas Polda Sumsek, Kombes Pol Juni.

1. Pengalihan arus lalu lintas dibuat tentatif

Buruh Demo di DPRD Sumsel, Polisi Alihkan Arus Lalu Lintas PalembangPengamanan Ring 1 Palembang (IDN Times/Rangga Erfizal)

Terpisah, Kasat Lantas Polrestabes Palembang, Kompol Yakin Rusdi menambahkan, pengaturan lalu lintas dilakukan untuk menghindari kemacetan ataupun penumpukan kendaraan di sekitar lokasi demonstrasi akibat massa yang tumpah ruah.

"Tapi kebijakan pengalihan arus lalu lintas ini masih tentatif, tergantung massa yang akan hadir besok. Memang ada rencana pengalihan arus," jelas dia.

Baca Juga: [BREAKING] Polisi Merazia Massa Unjuk Rasa di Pintu Masuk Palembang

2. Jalan akan dibuka jika jumlah massa sedikit

Buruh Demo di DPRD Sumsel, Polisi Alihkan Arus Lalu Lintas PalembangPolisi sudah tutup jalan menuju kantor DPRD Sumsel (IDN Times/Rangga Erfizal)

Yakin menambahkan, pihaknya masih harus menilai situasi dan kondisi masa yang berdemo. Jika massa tidak terlalu banyak, pihaknya akan kembali membuka jalan untuk umum tanpa perlu melakukan penutupan.

"Kalau memang tidak terlalu banyak massa demo atau bahkan tidak jadi, maka penutupan ditiadakan," jelas dia.

3. Berikut rencana pengalihan arus lalu lintas Palembang

Buruh Demo di DPRD Sumsel, Polisi Alihkan Arus Lalu Lintas PalembangAksi demonstrasi ke empat di Palembang (IDN Times/Rangga Erfizal)

Adapun lokasi rencana penutupan jalan akan sama seperti aksi demonstrasi pada Senin (12/10/2020) lalu. Kendaraan dari kawasan Demang Lebar Daun yang akan masuk ke arah Angkatan 45 atau PS Mal, akan diarahkan lurus menuju ke Simpang Macan Lindungan, begitupun sebaliknya.

Lalu dari arah Jenderal Sudirman yang akan masuk ke A. Rivai juga akan dialihkan. Tepatnya diarahkan lurus ke arah Pasar Cinde, Bundaran Air Mancur dan belok ke arah Jalan Veteran.

Selanjutnya dari arah Simpang Rusun atau Palembang Indah Mal (PIM) yang akan masuk ke Jalan Radial Transmart juga akan dialihkan. Kendaraan akan diarahkan lurus ke Simpang Kedaung dan juga diarahkan belok kiri, tepatnya ke arah Simpang Pasar 26 ilir.

Kemudian terakhir dari arah Simpang Bukit Samsat yang akan masuk ke Jalan A. Rivai juga akan dialihkan dan ditutup. Jalan akan dialihkan ke Pasar Gubah.

Baca Juga: Pimpinan DPRD Sumsel Janji Kirim Mahasiswa Ke Jakarta 

Topic:

  • Rangga Erfizal
  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya