Comscore Tracker

Angka Kematian 4 Persen, Gugus Tugas Sumsel: Masih di Bawah Nasional 

Masyarakat sudah bisa memulai gaya hidup normal baru

Palembang, IDN Times - Yusri, Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Sumatera Selatan (Sumsel), mengumumkan penambahan kasus pasien positif COVID-19 yang meninggal dunia sebanyak tiga orang. Mereka berasal dari Musi Banyuasin, Banyuasin, dan Prabumulih.

"Sejauh ini total pasien meninggal dunia di Sumsel ada 78 orang. Jumlah yang meninggal masih di bawah angka nasional, yakni 5 persen. Sedangkan Sumsel baru 4 persen," ujar Yusri dalam konferensi pers, Kamis (25/6).

Yusri menegaksan, angka 4 persen itu merupakan ambang batas normal pasien meninggal akibat COVID-19 di sebuah wilayah berdasarkan Organsiasi Kesehatan Dunia atau WHO.

1. Kasus selesai lebih tinggi dari pasien aktif

Angka Kematian 4 Persen, Gugus Tugas Sumsel: Masih di Bawah Nasional Jubir gugus tugas Sumsel (IDN Times/Humas Pemprov Sumsel)

Penambahan pasien positif baru di Sumsel hari ini mencapai 24 orang yang tersebar di wilayah Palembang 14 orang, Prabumulih dan Muara Enim dua orang, Banyuasin lima orang, dan Ogan Ilir satu orang.

Pasien sembuh juga bertambah menjadi 20 orang. Sebanyak 18 orang dari Palembang, diikuti Muara Enim dan Banyuasin satu orang. Total pasien sembuh dan terbebas dari virus corona di Sumsel sudah mencapai 913 orang.

"Total kasus COVID-19 selama tiga bulan di Sumsel ada sebanyak 1.893 orang, selesai (sembuh dan meninggal) 991 orang, serta masih dalam proses penyembuhan dan menunggu hasil labor 902 orang," ujar Yusri.

Baca Juga: 2 Wisata Alam di Sumsel Kembali Dibuka

2. Masyarakat sudah bisa pergi ke tempat hiburan dengan gaya normal baru

Angka Kematian 4 Persen, Gugus Tugas Sumsel: Masih di Bawah Nasional Suasana PSBB di Kota Palembang titik Poin Pasar Cinde (IDN Times/Rangga Erfizal)

Dengan penanganan kasus COVID-19 yang maksimal di Sumsel, beberapa daerah telah menyongsong kehidupan new normal atau normal baru. Tidak hanya di wilayah zona hijau, tetapi sejumlah wilayah zona kuning dan merah. Pihaknya mengimbau masyarakat tidak takut keluar rumah untuk beraktivitas seperti biasa jika seluruh protokol kesehatan sudah dijalankan.

"Kita sudah mulai memasuki normal baru dalam semua aspek, termasuk aspek pariwisata. Silakan saja masyarakat ke tempat hiburan atau tempat makan, tetapi tetap perhatikan keamanannya, jangan berdesak-desakan. Kalau membeli makanan usahakan dibawa ke rumah," jelas dia.

3. ODP dan PDP di Sumsel hari ini

Angka Kematian 4 Persen, Gugus Tugas Sumsel: Masih di Bawah Nasional Suasana PSBB di Kota Palembang titik Poin Pasar Cinde (IDN Times/Rangga Erfizal)

Saat ini jumlah kasus orang dalam pantauan (ODP) di Sumsel sudah mencapai 8.166 orang dengan rincian sudah melewati waktu pemantauan 6.585 orang, dan masih dalam pantauan 1.581 orang.

Selanjutnya, pasien dengan pengawasan (PDP) ada 882 orang, selesai pengawasan 442 orang dan masih proses pengawasan 440 orang. Yusri kembali mengingatkan masyarakat Sumsel menjalankan protokol kesehatan.

"Yang bisa memutus rantai COVID-19 adalah diri kita sendiri. Untuk itu, tetap jaga protokol kesehatan, cuci tangan di air mengalir, jaga jarak, dan gunakan masker," tandas dia.

Baca Juga: Pasien Positif Menurun, Gugus Tugas Sumsel: Kiriman Sampel Berkurang

Topic:

  • Rangga Erfizal
  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya