Comscore Tracker

200 Pembalap Berlaga Saat Kejurnas Motoprix Sumatra di Muba

Kegiatan dilakukan dengan prokes dan tanpa penonton

Musi Banyuasin, IDN Times - Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) ditunjuk sebagai penyelenggara Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Motoprix Region A putaran ketiga wilayah Sumatra, dan Piala Presiden pada 18-19 September mendatang di Sirkuit Skyland Sekayu.

Kejuaraan balap motor tersebut akan mempertandingkan tiga kelas yang dilombakan, yaitu Kelas Kejurnas, Kelas Pendukung atau Supporting, dan Kelas Lokal Muba.

"Kegiatan ini adalah tolak ukur pasca pandemik COVID-19. Tim yang sudah hadir dari Bangka Belitung (Babel) ada delapan pembalap dan 12 orang ofisial, menyusul beberapa peserta dari daerah lain seperti Lampung dan Jambi, Bengkulu, hingga Sumbar," ungkap Ketua Pengprov IMI Sumsel, Augie Bunyamin, Kamis (16/9/2021).

1. Sebanyak 200 peserta bakal bertanding

200 Pembalap Berlaga Saat Kejurnas Motoprix Sumatra di MubaMuba International Supermoto di Sirkuit Skyland, Sekayu Sumsel (IDN Times/Istimewa)

Augie memastikan panitia bakal mempersiapkan pertandingan. Beberapa penyesuaian akan dilakukan, mengingat saat ini masih di tengah situasi pandemik, meskipun Muba sudah berada di Level II dan zona kuning.

"Perkiraan kami total keseluruhan peserta paling kecil semula hanya 50 pembalap, kini menjadi 180 pembalap dan Insya Allah tembus 200 pembalap," ujar dia.

Baca Juga: Muba Gratiskan Rapid Tes untuk Peserta CPNS 2021 di Tiap Faskes

2. Beberapa jenis perlombaan Motoprix

200 Pembalap Berlaga Saat Kejurnas Motoprix Sumatra di MubaMuba International Supermoto di Sirkuit Skyland, Sekayu Sumsel (IDN Times/Istimewa)

Augie menjelaskan, Kejurnas kali ini akan memperlombakan kelas 4 TAK 150 CC tune up injeksi expert, Bebek 4 TAK 150 cc tune up injeksi novice, Bebek 4 TAK 150 cc standar injeksi rookie.

Selanjutnya, kelas pendukung supporting diantaranya Bebek 4 TAK 150 cc tune up mix open (MP3), Bebek 4 TAK 125 cc tune up mix open (MP 6), Bebek 2 TAK 116 cc standard open, Bebek 2 TAK 125 cc Underbone open, Sport 144 cc open, sport 155 cc super pro, matic 130 cc tune up open.

"Sedangkan kelas lokal Muba Bebek 4 TAK 150 cc tune up mix (MP3), Bebek 4 TAK 125 cc tune up mix (MP 6)," jelas dia.

3. Pertandingan tidak dibuka untuk umum

200 Pembalap Berlaga Saat Kejurnas Motoprix Sumatra di MubaMuba International Supermoto di Sirkuit Skyland, Sekayu Sumsel (IDN Times/Istimewa)

Asisten II Bidang Pengembangan Perekonomian dan Pembangunan Setda Muba, Yusuf Amilin mengatakan, Kejurnas kali ini akan berbeda dari event olahraga yang pernah dijalankan. Motoprix tahun ini tidak dibuka untuk masyarakat umum untuk mencegah kerumunan di masa pandemik.

"Mengingat masih pandemik, gelaran ajang bergengsi ini ditayangkan live streaming dan tanpa penonton luring dengan pengamanan ketat dari TNI, Polri, dan Satpol PP Muba," jelas dia.

Ia menegaskan, Pemkab Muba memastikan protokol kesehatan COVID-19 akan dijalankan dengan ketat. Yusuf pun meminta kepada seluruh pihak yang terlibat agar berkoordinasi dengan baik, mempersiapkan semua kebutuhan sehingga kegiatan tersebut berjalan dengan sukses dan lancar.

Baca Juga: Muba Cari Investor Berkomitmen di Sektor Perkebunan Berkelanjutan

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya