Comscore Tracker

2 Helikopter Water Bombing Padamkan 3 Ha Karhutla di Ogan Ilir

Sepekan, dua karhutla di Ogan Ilir hanguskan 5 ha lahan

Ogan Ilir, IDN Times - Dua unit helikopter water bombing (WB) milik Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dikerahkan untuk memadamkan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Karhutla kembali terjadi di areal lahan Desa Talang Pangeran Ilir, Kecamatan Pemulutan Barat, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatra Selatan (Sumsel). Api yang semakin membesar akhirnya bisa dipadamkan setelah helikopter beoperasi.

"Operasi pemadaman kali ini melibatkan dua helikopter WB untuk membantu proses pemadaman dari udara. Sedangkan tim darat juga terus berusaha melakukan pemadaman," ungkap Kabid Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel, Ansori, Rabu (2/6/2021).

1. Tim darat kesulitan padamkan api

2 Helikopter Water Bombing Padamkan 3 Ha Karhutla di Ogan IlirKebakaran lahan di Ogan Ilir (IDN Times/BPBD Sumsel)

Dari informasi yang dihimpun, karhutla di Ogan Ilir terjadi sejak Senin (31/5/2021). Tim awalnya kesulitan untuk mencapai lokasi karena wilayah menuju titik lahan terbakar cukup jauh dan dipisahkan kanal.

Namun lokasi kebakaran kali ini berada tidak jauh dari lokasi yang sebelumnya sempat terbakar, Rabu (26/5/2021) lalu.

"Lahan yang terbakar merupakan lahan kosong berada dekat dengan sisi jalan tol Palembang-Indralaya (Palindra)," ujar dia.

Baca Juga: Karhutla Terjadi Lagi di Ogan Ilir, Tim Kesulitan Padamkan Api

2. Lahan seluas 1,5 ha berhasil dipadamkan

2 Helikopter Water Bombing Padamkan 3 Ha Karhutla di Ogan IlirKebakaran hutan dan Lahan di Sumsel tahun 2019 (IDN Times/BNPB)

Koordinator Pencegahan Karhutla Daops Sumatra XIV/Banyuasin, Ujang Sultan Wardiniladi mengatakan, ada 3 hektare (ha) lahan yang hangus terbakar di titik lokasi kebakaran kemarin. Vegetasi lahan rawa dan dipenuhi semak belukar membuat lahan mudah tersulut api.

"Tim berhasil memadamkan lahan seluas 1,5 ha, selebihnya padam sendiri. Sejauh ini api sudah tidak terlihat," ujar dia.

3. Sudah 14 ha lahan terbakar di Sumsel sepanjang 2021

2 Helikopter Water Bombing Padamkan 3 Ha Karhutla di Ogan IlirIlustrasi Karhutla (Doc. BNPB)

Kejadian karhutla di Sumsel semakin meningkat menjelang musim kemarau. Sejak awal tahun 2021, kejadian Karhutla telah menghanguskan lebih dari 14 Ha. Kejadian pertama terjadi di Muara Medak, Musi Banyuasin (Muba), menghanguskan 9 ha pada Februari lalu. Selanjutnya di Ogan Ilir dalam sepekan terakhir telah menghanguskan 5 ha lahan.

"Belum diketahui apakah lahan itu sengaja dibakar, masih dalam penyelidikan lebih lanjut," tutup dia.

Baca Juga: Karhutla Terjadi Lagi di Ogan Ilir, Tim Kesulitan Padamkan Api

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya