Comscore Tracker

Pemkot Wacanakan Car Free Night di Kawasan Sekanak Lambidaro

Jalan Radial Palembang bakal dijadikan lokasi Car Free Night

Palembang, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang berencana menghidupkan kembali Car Free Night, malam bebas kendaraan bermotor di kawasan Sungai Sekanak Lambidaro atau tepatnya di Jalan Radial.

Sebelumnya, malam bebas kendaraan rutin diadakan di Jalan Sudirman, tepatnya di kawasan Cinde menuju Bundaran Air Mancur setiap akhir pekan, mulai pukul 19:00 WIB hingga tengah malam.

"Pemberlakuan car free night menyesuaikan rencana pemindahan lokasi pedestrian street (kawasan pejalan kaki) ke Jalan Radial di Taman Sungai Sekanak Lambidaro," ujar Kepala Bidang Pengawasan dan Pengendalian Lalu Lintas dari Dinas Perhubungan (Dishub) Palembang, Julyanzah, Kamis (3/2/2022).

1. Beberapa ruas jalan akan ditutup saat car free night

Pemkot Wacanakan Car Free Night di Kawasan Sekanak LambidaroKantor Wali Kota Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Wacana car free night sebagai lokasi destinasi untuk pejalan kaki di Sungai Sekanak Lambidaro Palembang itu, direncanakan mulai berlangsung setelah Festival Sungai pada 5-6 Februari 2022.

"Rencana car free night ini didukung penutupan sejumlah ruas jalan di kawasan tersebut," kata dia.

Baca Juga: Pemkot Bersihkan Area Jembatan Musi II Untuk Pasar Terapung

2. Penutupan jalan berada di tiga titik

Pemkot Wacanakan Car Free Night di Kawasan Sekanak LambidaroSungai Sekanak Lambidaro Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Julyanzah menjelaskan, sejumlah ruas jalan yang akan ditutup mulai dari jembatan di Jalan Datu Moh Akib, Jalan KH Ahmad Dahlan, serta Jalan Mujahidin. Penutupan ketiga ruas jalan tersebut bertitik pada Simpang 26 Ilir.

"Dan penutupan jalan juga dilakukan di Simpang Radial dekat jembatan Palembang Indah Mal (PIM). Bagi pengendara yang ingin ke Pasar 26 Ilir, diharapkan mencari jalan lain ketika car free night dimulai," jelas dia.

3. Siapkan juru parkir legal di lokasi car free night

Pemkot Wacanakan Car Free Night di Kawasan Sekanak LambidaroSungai Sekanak Lambidaro Palembang di Kawasan 24 Ilir (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Dishub Palembang juga sudah menyediakan tempat parkir bagi pengunjung pedestrian di Taman Sekanak Lambidaro, seperti lokasi parkir prioritas di depan PIM dan kawasan Ilir Barat I.

"Sudah kita siapkan juru parkir yang legal dan terdata di Jalan KH Ahmad Dahlan, Datuk Moh Akib, Pangeran Subekti, hingga di depan PIM," jelas dia.

Nantinya saat car free night berlangsung, ada penutupan yang dilakukan oleh petugas Dishub Palembang sekitar satu jam sebelum bebas kendaraan diberlakukan, atau sekitar pukul 19.00 WIB.

4. Car free night diharapkan dapat memulihkan ekonomi di Palembang

Pemkot Wacanakan Car Free Night di Kawasan Sekanak LambidaroSekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang Ratu Dewa (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Sekretaris Daerah (Sekda) Palembang, Ratu Dewa berharap, car free night di kawasan Sungai Sekanak Lambidaro nanti bisa menjadi kegiatan positif sekaligus lokasi wisata hingga kuliner, serta membantu meningkatkan pemulihan ekonomi.

"Kita ingin UMKM yang masuk didata, serta pengelolaan wisata dimaksimalkan sehingga bisa memberi dampak baik bagi masyarakat kita," tandas dia.

Baca Juga: Pedestrian Sudirman Palembang Bakal Dipindah ke Sekanak

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya