Kuota CPNS 2021 Sumsel Mencapai 8 Ribu Orang, Catat Syarat Umumnya 

Pendaftaran peserta seleksi CPNS 2021 dimulai Juni 2021

Palembang, IDN Times - Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Palembang mulai dibuka Juni 2021. Dalam proses seleksi nantinya, peserta seleksi CPNS wajib memenuhi syarat dari Badan Kepegawaian Negara Kantor Regional (BKN Kanreg) VII Palembang.

"Untuk Sumsel tanggung jawab BKN Palembang tahun ini mendapatkan jatah formasi kelulusan hingga 8 ribu orang," ujar Kepala BKN Kanreg VII Palembang, Margi Prayitno kepada IDN Times, Senin (17/5/2021).

1. Daftar dokumen yang perlu dipersiapkan

Kuota CPNS 2021 Sumsel Mencapai 8 Ribu Orang, Catat Syarat Umumnya Ilustrasi seleksi CPNS di Kantor BKN Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Proses seleksi CPNS 2021 dilakukan melalui portal satu pintu, agar mudah terintegrasi dan mempercepat proses pendaftaran. Yakni lewat laman resmi sscn.bkn.go.id dengan persyaratan dan ketentuan berlaku.

"Kalau merujuk pembukaan tahun lalu, dokumen wajib yang dipersiapkan masih sama saja," kata dia.

Berikut Dokumen yang harus disiapkan:

1. Kartu Keluarga (KK)
2. Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Surat Keterangan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil
3. Ijazah
4. Transkrip nilai
5. Pas foto, dan dokumen lain sesuai ketentuan instansi yang akan dilamar.

2. Pengumuman kelulusan dokumen bulan Agustus

Kuota CPNS 2021 Sumsel Mencapai 8 Ribu Orang, Catat Syarat Umumnya Ilustrasi tes sistem CAT seleksi CPNS. ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra

Adapun proses tes CPNS 2021 dimulai dari penyeleksian berkas, dilanjutkan tes Computer Assisted Test atau CAT Standar Kompetensi Dasar (SKD), Standar Kompetensi Bidang (SKB), dan pengumuman peserta yang berhasil lolos. 

"Tahun ini dipastikan akan dibuka formasi CPNS. Pendaftarannya awal Juni dan pengumuman keluluasan bulan Agustus," jelasnya.

3. Formasi tenaga pendidik dan tenaga kesehatan masih mendominasi

Kuota CPNS 2021 Sumsel Mencapai 8 Ribu Orang, Catat Syarat Umumnya Ilustrasi CPNS (IDN Times/Mardya Shakti)

Margi menerangkan, Sumsel menjadi daerah paling banyak mengajukan formasi CPNS dibandingkan daerah lain yang berada di wilayah kerja BKN Kanreg VII Palembang, dengan rekrutmen terbanyak untuk tenaga pendidikan dan tenaga kesehatan.

"Dari total formasi yang dibuka hampir setengahnya merupakan formasi untuk tenaga pendidikan. Selain CPNS, P3K guru dan P3K non guru juga dibuka," terang dia.

Ia juga mengimbau agar masyarakat tetap memantau informasi lowongan CPNS di website resmi BKN dan Menpan RB. Para pelamar diminta untuk berhati-hati terhadap segala jenis penipuan.

"Karena rekrutmen CPNS hanya dilakukan di website resmi," tandasnya.

Baca Juga: CPNS Kemenkes Segera Dibuka, Begini Ketentuan Lengkapnya

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya