Disdik Palembang: 96 Persen Sekolah Belum Siap Belajar Tatap Muka 

Sekolah berpotensi kembali belajar daring

Palembang, IDN Times - Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Palembang, Ahmad Zulinto menyampaikan, sekolah yang siap melakukan belajar tatap muka tahun depan di masih sangat minim.

Berdasarkan survei dan evaluasi yang dilakukan Disdik Palembang, sekitar 96 persen sekolah tingkat SD maupun SMA menyatakan belum siap melaksanakan kegiatan belajar mengajar atau KBM secara langsung.

"Sudah rapat dengan komite, K3S dan MKKS, kita juga menyampaikan kondisi wilayah. Hasilnya saya simpulkan sekitar 96 persen sekolah di Palembang ini, baik negeri dan swasta, belum siap membuka sekolah secara tatap muka," ujarnya, Senin (28/12/2020).

1. Perubahan data fluktuatif pengaruhi kesiapan sekolah

Disdik Palembang: 96 Persen Sekolah Belum Siap Belajar Tatap Muka Ilustrasi Sekolah di Tengah Pandemik COVID-19 (ANTARA FOTO/REUTERS/Athit Perawongmetha)

Persentase tersebut kata Zulinto, dipengaruhi karena kondisi wilayah yang fluktuatif. Terkadang tingkat penyebaran COVID-19 berada di status bahaya maupun sedang. Perubahan zona merah atau oranye memengaruhi keputusan matang untuk pelaksanaan belajar tatap muka.

"Hal inilah yang membuat pihak sekolah belum siap belajar tatap muka dengan risiko yang tinggi," kata dia.

Baca Juga: Disdik Palembang Seleksi Sekolah yang Siap Belajar Tatap Muka

2.Tim cek ke sekolah pada 4 Januari 2021

Disdik Palembang: 96 Persen Sekolah Belum Siap Belajar Tatap Muka Ilustrasi pengenalan lingkungan sekolah di salah satu sekolah negeri Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Meski persentase dominan sekolah tidak siap melakukan belajar tatap muka, Zulinto menyebut ada beberapa institusi pendidikan yang menyatakan telah maksimal menyiapkan standar prokes di lingkungan sekolah, seperti Al-Furqon dan Muhammadiyah.

Ia melanjutkan, pada 4 Januari 2021 nanti pihaknya bersama tim Satgas COVID-19 dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Palembang bakal mengecek kesiapan sekolah.

"Al-Furqon untuk tingkat SD dan SMP siap. Sedangkan Muhammadiyah hanya SMP, yang tingkat TK ada TK Nusa Indah. Nanti kita cek sekolahnya, apakah sudah memenuhi prokes COVID-19," jelasnya.

3. Sebut belajar daring berpotensi kembali terlaksana

Disdik Palembang: 96 Persen Sekolah Belum Siap Belajar Tatap Muka ANTARA FOTO/Septianda Perdana

Menyoal kepastian kebijakan belajar tatap muka tahun 2021, Zulinto belum bisa memberikan kejelasan. Sebab menurutnya masih ada pertimbangan lain yang perlu dipikirkan, sehingga belajar daring berpotensi kembali terlaksana.

"Kita melihat bagaimana di Februari apakah ada perkembangan membaik? Jika ada, baru mereka siap," tegas dia.

Zulinto menjelaskan, alasan banyak sekolah yang belum siap tatap muka karena perjalanan anak didik dari rumah. Ia mencontohkan, siswa SMP Negeri 1 yang tinggal di Kertapati, Plaju, dan tentunya ada dari zona lain dengan risiko yang tinggi.

"Ini yang perlu kita awasi, karena siswa banyak dari kelurahan dengan risiko tinggi. Karena 1 minggu saya minta dengan Wali Kota untuk mengecek. Jadi tanggal 4 Januari 2021 belum melibatkan siswa masuk sekolah. Sementara untuk kurikulum jangan lebih dari 3 jam per hari, artinya satu pelajaran hanya 20 menit," tandas dia.

Baca Juga: Polrestabes Palembang Minta Satgas COVID-19 Ikut Pantau Libur Nataru 

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya