Comscore Tracker

Bayar Pajak Motor Bisa Lewat Tokopedia, Sumsel Kapan?

Transaksi digital kategori e-samsat meningkat dua kali lipat

Palembang, IDN Times - Tokopedia sebagai perusahaan e-commerce atau lokapasar, menjalin kolaborasi dengan pemerintah daerah untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor.

Menurut Kepala Divisi Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Daerah Tokopedia, Emmiryzan, kolaborasi tersebut mendukung program pemerintah untuk mendorong masyarakat taat membayar pajak kendaraan.

"Program Tokopedia E-Samsat Online di Pulau Sumatra baru berjalan di Kepulauan Riau dan Sumatra Utara (Sumut). Tokopedia berkomitmen untuk hadir dan berkolaborasi dengan pemerintah daerah di Sumsel, mudah-mudahan secepatnya dan mohon ditunggu saja," kata Emmiryzan saat Virtual Media Briefing, Kamis (7/7/2022).

1. Bayar pajak dengan mudah di genggaman

Bayar Pajak Motor Bisa Lewat Tokopedia, Sumsel Kapan?Kampanye Tokopedia, Selalu Ada Selalu Bisa (Dok. Tokopedia)

Melalui Tokopedia, masyarakat tinggal memilih kantor Samsat tujuan, nomor polisi kendaraan, nomor mesin, lalu memasukkan NIK yang tertera di KTP. Pengguna akan mendapat SMS dari Samsat di nomor telepon yang terdaftar di aplikasi Tokopedia. SMS itu berisi link untuk mengunduh file e-TBKP yang baru, dan bisa disahkan di Kantor Bersama Samsat atau layanan unggulan terdekat.

"Layanan e-Samsat Tokopedia baru tersedia di 10 provinsi, termasuk di Sumut dan Kepulauan Riau. Kami berharap layanan ini segera terealisasi bagi masyarakat Sumsel," ungkap Emmiryzan.

Baca Juga: Hyperlocal Tokopedia Dorong Pemerataan Ekonomi Digital di Sumatra

2. Ikut melibatkan Bank Pembangunan Daerah

Bayar Pajak Motor Bisa Lewat Tokopedia, Sumsel Kapan?Kantor Pusat Bank Sumsel Babel di Palembang. (IDN Times/ Deryardli Tiarhendi)

Emmiryzan juga menjelaskan, kolaborasi Tokopedia tak hanya dengan pemerintah daerah. Tokopedia ikut melibatkan Bank Pemerintah Daerah (BPD). Seluruh pembayaran e-Samsat akan ditampung di BPD sebagai kas umum daerah.

"Kunci dari keberhasilan kami ingin berkolaborasi dengan semua pihak. Dalam hal pembayaran pajak kendaraan, kami gak mungkin tidak melibatkan bank daerah. Kami berkolaborasi juga dengan bank milik pemerintah daerah," jelasnya.

Baca Juga: 'Dilayani Tokopedia' Kini Makin Mudahkan Warga Palembang Berbelanja

3. Pembayaran pajak lewat digital meningkat

Bayar Pajak Motor Bisa Lewat Tokopedia, Sumsel Kapan?Ilustrasi pembayaran pajak kendaraan bermotor di Kantor Samsat. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

Program Tokopedia E-Samsat Online diapresiasi karena mendorong masyarakat taat membayar pajak secara digital. Lewat sebuah aplikasi, jumlah pembayaran pajak digital termasuk PBB pun meningkat.

"Total jumlah pembayaran pajak digital seperti PBB, e-Samsat, penerimaan negara, dan retribusi melalui aplikasi Tokopedia di Pulau Sumatra, meningkat hampir dua kali lipat pada kuartal kedua 2022 dibandingkan periode sama 2021," katanya.

Transaksi pada e-samsat dan penerimaan negara, menjadi dua kategori yang mengalami peningkatan lebih dari dua kali lipat pada kuartal kedua 2022 dibandingkan pada periode yang sama di tahun 2021.

Baca Juga: Mantab, Transaksi UMKM Palembang di Tokopedia Naik 3 Kali Lipat

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya