TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Muba Siagakan 10 Posko Terpadu Karhutbunla di Beberapa Titik Rawan 

10 posko itu disebar ke setiap kecamatan di Kabupaten Muba

Petugas TNI menarik selang air ketika upaya pemadaman bara api yang membakar lahan gambut. (ANTARA FOTO/Rony Muharrman)

Musi Banyuasin, IDN Times - Musi Banyuasin (Muba) makin gencar mengantispasi kebakaran hutan, perkebunan, dan lahan (karhutbunla). Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Muba, Pathi Ridwan, pihaknya telah melakukan apel kesiapsiagaan personel dan peralatan pada April 2022 dengan unsur terkait.

"Setelah melihat situasi dan menganalisis potensi terjadinya karhutbunla, kita membentuk posko terpadu di 10 kecamatan dalam wilayah Muba," ujarnya saat rapat koordinasi di Aula Kodim 0401 Muba, Rabu (06/07/2022).

Baca Juga: Sumsel Pinjam 9 Helikopter Water Boombing Hadapi Karhutla

1. Siaga 10 posko di kecamatan rawan Karhutbunlah

Ilustrasi penanganan Karhutlah (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Sepuluh posko tersebut di antaranya berada di Kecamatan Babat Supat, Lais, Lalan, Babat Toman, Sanga Desa, Batang Hari Leko, Keluang, Tungkal Jaya, Sungai Keruh, dan Kecamatan Bayung Lincir.

"Kita sepakat turun secara terpadu atau bersama-sama dalam pencegahan dan penanggulangan karhutbunla. Kami harapkan dukungan serta dukungan semua pihak agar upaya pencegahan ini mendapat hasil yang maksimal," terangnya.

Baca Juga: 3 Wilayah Baru di Sumsel Sumbang Luas Lahan Karhutla

2. Dandim ikut patroli dan mengawasi aktivitas masyarakat

Ilustrasi Penanganan Karhutlah (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Dandim 0401, Letkol ARM Dede Sudrajat menambahkan, pihaknya sudah rutin melakukan patroli dan mengawasi langsung masyarakat dalam rangka penanggulangan karhutbunla.

"Kita lakukan pengecekan serta sarana dan prasarana untuk antisipasi terjadinya karhutbunla, agar Muba bebas dari kabut asap memasuki musim kemarau tahun ini," terangnya.

Baca Juga: Cegah Karhutla, Muba Ajukan Proyek Sodetan di Bayung Lencir

Berita Terkini Lainnya