TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Satu Sampel Rapid Test TKI Sumsel asal Malaysia Positif COVID-19 

Naik bus dari Medan menuju Palembang

Kepala Seksi Surveilans Imunisasi Dinas Kesehatan Sumsel, Yusri (IDN Times/Dokumen)

Palembang, IDN Times - Gugus Tugas Daerah Pencegahan dan Penanggulangan COVID-19 Sumatera Selatan (Sumsel), kembali menemukan sampel positif dalam pemeriksaan rapid test terhadap tenaga migran, atau Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Sumsel.

"Versi pemeriksaan cepat rapid test, satu dari sembilan TKI yang kita periksa positif dalam pemeriksaan sampel COVID-19," ujar Jubir Gugus Tugas Pencegahan dan Penanggulangan COVID-19 Sumsel, Yusri, Selasa (14/4). 

Baca Juga: 17 Ribu Pelanggan PDAM Palembang Gratis Air 2 Bulan

1. Naik bus dari Medan ke Palembang

Ruang isolasi RSUD Kabupaten Tangerang (ANTARA FOTO/Fauzan)

Para TKI dideportasi dari Malaysia dan kembali ke Indonesia menggunakan pesawat menuju bandara Kualanamu Deli Serdang, Sumatera Utara. Mereka melanjutkan perjalanan menggunakan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) hingga sampai di Sumsel.

Setelah tiba di Kota Palembang dan diketahui satu di antaranya positif, mereka langsung dikarantina di Rumah Sehat ODP Centre, WIsma Atlet Jakabaring Sport City (JSC).

"Satu yang positif dirawat di RSUD Siti Fatimah, sedangkan delapan orang lagi masih di karantina di ODP Centre Wisma Atlet Jakabaring," ujar dia.

2. Gugus tugas berharap hasil swab negatif

pixabay/enriquelopezgarre

Setelah dilakukan rapid test, pasien tenaga migran pun langsung diambil sampelnya untuk pemeriksaan swab dengan metode Polymerase Chain Reaction (PCR) oleh tim BBLK Palembang. Hasil sampel yang bersangkutan akan keluar dalam dua hingga tiga hari mendatang.

"Mudah-mudahan hasilnya negatif, dan mereka akan dipulangkan ke daerah asal masing-masing," ujar dia.

Baca Juga: [UPDATE] 1 Orang PDP di Sumsel Meninggal, Positif Corona Juga Tambah

Berita Terkini Lainnya