Herman Deru Enggan Ikuti Saran Surya Paloh Maju di Pileg, Fokus Pilgub

Deru maju pileg untuk bakar semangat kader di Sumsel

Palembang, IDN Times - Perintah Ketua Umum Nasional Demokrat (Nasdem) Surya Paloh agar Gubernur Sumsel Herman Deru maju dalam Pemilihan Legislatif nampaknya tak disanggupi. Deru memilih menunggu untuk maju pada Pilkada sebagai gubernur untuk periode kedua ketimbang jadi caleg.

"Tapi sepertinya (saya) tidak akan maju di Pileg nanti," ungkapnya, Sabtu (5/8/2023).

Baca Juga: Buaya 3 Meter Teror Warga di Sungai Rambang Akhirnya Ditangkap

1. Nasdem nilai sosok Deru potensial untuk amankan kursi DPR

Herman Deru Enggan Ikuti Saran Surya Paloh Maju di Pileg, Fokus PilgubGubernur Sumsel Herman Deru (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Perintah untuk maju sebagai caleg merupakan inisiasi agar Nasdem dapat mengamankan kursi di DPR RI. Partai Nasdem bahkan menargetkan dapat meraih lima kursi di Sumsel naik dari Pileg sebelumnya hanya mendapat 3 kursi.

Sebagai tokoh masyarakat di Sumsel, Deru dinilai akan lebih mudah meraih suara pada Pileg mendatang. Nasdem bahkan menyiapkan agar ketua DPW Nasdem Sumsel tersebut maju dalam Dapil 1.

"Iya, partai menganjurkan setiap kepala daerah untuk mencalonkan diri menjadi legislatif," ujar dia.

2. Pilih fokus di Pilgub 2024

Herman Deru Enggan Ikuti Saran Surya Paloh Maju di Pileg, Fokus PilgubGubernur Sumsel Herman Deru dan Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya (IDN Times/Rangga Erfizal)

Jelang masa kepemimpinannya berakhir awal Oktober mendatang, Deru memilih fokus untuk memenangkan Pilkada periode kedua November 2024. Dirinya pun telah mengisyaratkan untuk maju kembali dengan sang wakil Mawardi Yahya.

"Bismillahirrahmanirrahim, mohon doa dan dukungannya maju lagi (Pilgub)," kata dia.

3. Saran untuk Deru maju di Pileg

Herman Deru Enggan Ikuti Saran Surya Paloh Maju di Pileg, Fokus PilgubGubernur Sumsel Herman Deru (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Diberitakan, Koordinator Wilayah Sumatera III DPP Nasdem Fauzi Amro mengatakan perintah dari Surya Paloh tersebut bersifat saran. Sebagai ketua DPW Herman Deru diminta mengambil ancang-ancang menyebrang ke Senayan.

"Saran dari ketum wajib mencalonkan diri ke DPR RI dari Dapil Sumsel II," ungkap Koordinator Wilayah Sumatera III DPP Nasdem Fauzi Amro, Senin (31/7/2023).

Amro menerangkan, untuk maju sebagai gubernur pada periode kedua rentang waktu yang tersisa masih cukup panjang akan berlangsung 1 November 2024 mendatang. Hal ini lah dinilai Surya Paloh terlalu lama sehingga diminta untuk terlebih dahulu maju sebagai anggota DPR RI.

Majunya sang ketua DPW Nasdem Sumsel diharapkan membakar semangat seluruh kader untuk memenangkan Pileg 2024.

"Dengan beliau maju mencalonkan diri, kita optimis Sumsel 2 akan meraih 3 kursi. Sedangkan Sumsel 1 meraih 2 kursi, jadi total ada lima kursi," kata dia.

Baca Juga: Mantan Kades di Banyuasin Tilap Dana Desa Demi Hidupi Istri Muda

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya