TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ponpes Izzatuna Banyuasin Angkat Bicara Soal Kekerasan Santri

Ponpes heran peristiwa 7 Agustus 2022 viral setelah damai

Pihak yayasan Ponpes Izzatuna beri klarifikasi terkait kekerasan (Dok: istimewa)

Banyuasin, IDN Times - Pondok Pesantren (Ponpes) Izzatuna, Talang Kelapa, Kabupaten Banyuasin, mengklarifikasi dugaan kekerasan yang terjadi di lembaga pendidikan tersebut. Kasus kekerasan tersebut diklaim telah diselesaikan dan disepakati lewat mediasi secara kekeluargaan.

"Pertemuan itu sudah dilakukan dan dimediasi pihak sekolah dengan permohonan maaf. Lalu disepakati persoalan tersebut diselesaikan secara kekeluargaan," ungkap Ketua Yayasan Izzatuna, Muhammad Kosasi, Senin (24/10/2022).

Baca Juga: Disiksa Senior di Ponpes, Santri Dilarikan ke RS Bhayangkara Palembang

Baca Juga: Kritik Ridwan Kamil Soal LRT, Herman Deru: Jadi Andalan Wong Palembang

1. Ponpes berikan teguran untuk pelaku

Korban berbaring bersama pelaku (dok: istimewa)

Kosasi menjelaskan, wali asrama mendapat laporan keributan di sebuah kamar santri pada 25 September 2022. Pihak Ponpes memanggil terduga pelaku untuk mengetahui sebab keributan.

"Untuk mengetahui kebenaran laporan itu, wali asrama memanggil dan bertanya kepada siswa, termasuk NA terkait laporan tersebut," jelas dia.

NA membantah telah memukul FTH dan melakukan tindakan kekerasan. NA mengaku hanya mencengkeram kerah baju korban pada 7 Agustus 2022 lalu.

"Dilakukan teguran terhadap NA dan memindahkan kamar yang bersangkutan ke tempat lain agar keributan tidak terulang lagi," jelas dia.

2. Pihak yayasan dan keluarga pelaku sempat temui keluarga korban

ilustrasi kekerasan (IDN Times/Nathan Manaloe)

Pihak Izzatuna sempat mengajak wali murid dan siswa terduga pelaku untuk membesuk korban ke Rumah Sakit Bhayangkara Palembang. Saat itu, pihak yayasan sudah bertemu dengan ibu korban dan FTH.

"Kita kaget dengan viralnya berita di media, padahal mediasi sudah dilakukan," jelas dia.

Baca Juga: Balita Pasien Gagal Ginjal Akut di Palembang Pulang ke Rumah

Berita Terkini Lainnya