TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Museum Balaputera Dewa Palembang Sepi Pengunjung Meski PSBB Usai

Anak sekolah jadi pengunjung terbesar museum

Museum Balaputera Dewa Palembang (IDN Times/Rangga Erfizal)

Palembang,IDN Times - Museum Balaputera Dewa Palembang kembali dibuka untuk umum, setelah sempat tutup akibat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada Mei hingga Juni lalu. Kendati sudah dibuka, namun kunjungan ke museum negeri Sumatra Selatan (Sumsel) itu masih terbilang sepi.

"Tidak kita pungkiri, karena pandemik ini jumlah pengunjung musuem Balaputera Dewa mengalami penurunan jumlah dari biasanya," ungkap pemandu di Museum Balaputera Dewa, Tamzi Muhtar, Senin (17/8/2020).

Baca Juga: Koleksi Museum Balaputera Dewa dari, Zaman Megalit Hingga Modern

1. Sebelum pandemik jumlah pengunjung mencapai 500 orang per hari

Koleksi museum Balaputera Dewa (IDN Times/Rangga Erfizal)

Tamzi menjelaskan, sejak Maret 2020 lalu pengunjung yang datang mulai mengalami penurunan. Ditambah masa PSBB selama hampir satu bulan membuat aktivitas terhenti sama sekali. Meski sudah memasuki masa normal baru, para pengunjung nampak masih ragu-ragu untuk datang.

"Kalau hari biasa sebelum pandemik dalam satu hari bisa mencapai 200 hingga 500 orang per hari. Jumlah tersebut bisa meningkat saat akhir pekan. Tetapi sejak PSBB kedua, museum tidak pernah lagi didatangi orang sebanyak itu," jelas dia.

2. Pengunjung museum selama ini didominasi pelajar asal kabupaten dan kota

Isi dalam rumah limas (IDN Times/Rangga Erfizal)

Tamzi menilai, kondisi ini terjadi akibat aktivitas sekolah diliburkan. Menurutnya, kunjungan terbanyak memang berasal dari kalangan pelajar di Kota Palembang ataupun kabupaten lain di Sumsel.

"Situasi saat ini dikarenakan anak sekolah belum aktif, dahulu bisa dua sampai tiga bus datang sehari. Sedangkan usai PSBB untuk pengunjung umum tidak banyak juga yang datang," jelas dia.

Baca Juga: 10 Museum yang Dibangun untuk Mengenang Jasa Pahlawan Indonesia

https://www.youtube.com/embed/szsxkHb8EUo
Berita Terkini Lainnya