TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Herman Deru Janjikan Perbaikan Jalan Rusak Sejauh 4 KM di OKI

Kerusakan masuk kategori berat dan ringan di empat kecamatan

Kerusakan jalan di Cengal Kabupaten Ogan Komering Ilir (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Palembang, IDN Times - Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan (Pemprov Sumsel) akan mengalokasikan dana Anggaran Belanja Tambahan (ABT) untuk perbaikan jalan di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI). Sejumlah ruas jalan rusak berada di beberapa lokasi seperti Cengal, Kayuagung, Pedamaran Timur, hingga Sungai Menang.

Masyarakat OKI akhir-akhir ini memviralkan kondisi jalan yang rusak parah. Mereka meminta kepada pemerintah daerah dan pusat agar membantu memperbaiki jalan rusak.

"Rusaknya jalan ini bukan karena kurang perhatian pemerintah atau kualitas jalan yang tidak layak, tapi karena ada aktivitas ekonomi yang meningkat pesat di wilayah ini," ungkap Gubernur Sumsel, Herman Deru, Sabtu (3/6/2023).

Baca Juga: Gubernur Sumsel Sebut 5 Pihak Bertanggung Jawab dengan Kualitas Jalan

Baca Juga: Gubernur Sumsel Klaim Keluarkan Uang Triliunan Perbaiki Jalan Rusak

1. Sebanyak 30 persen jalan mengalami kerusakan

Kerusakan jalan di Cengal Kabupaten Ogan Komering Ilir (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Deru menuturkan, ada empat ruas jalan rusak berat dan lima jalan rusak ringan. Pemprov Sumsel telah menginventarisir jalan di OKI sepanjang 96 kilometer (km), di mana 30 persen jalan rusak akibat aktivitas masyarakat dan perkebunan.

"Kita bisa simpulkan 70 persen jalan sudah baik. Jalan yang rusak ada empat titik dengan tingkatan rusak berat dan lima titik rusak ringan. Totalnya 3-4 km," jelas dia.

2. Kerja sama pemerintah pusat

Kerusakan jalan di Cengal Kabupaten Ogan Komering Ilir (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Menurutnya, jalanan di OKI mendapat perhatian dari pemerintah pusat setelah Instruksi Presiden (Inpres) terkait percepatan peningkatan konektivitas jalan. Pemprov Sumsel sedang menunggu kucuran dana dari Kementerian Kuangan (Kemenkeu) untuk perbaikan jalan.

"Dana Inpres sebesar Rp60 miliar untuk peningkatan jalan. Kita juga akan mengalokasikan dana perbaikan jalan ini melalui ABT," jelas dia.

Baca Juga: Jalan Penghubung 2 Kabupaten di Sumsel Amblas dan Segera Direlokasi 

Berita Terkini Lainnya