Lebih dari Seribu Jemaah Haji Dembarkasi Padang Sudah Dipulangkan

Sebanyak 17 orang jemaah asal Sumbar wafat di Tanah Suci

Padang, IDN Times - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatra Barat (Kanwil Kemenag Sumbar), Helmi, menyebut hingga kini Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Padang sudah memulangkan 1.556 jemaah yang tergabung dalam empat kelompok terbang (kloter).

"Jemaah kloter 04 asal Kabupaten Agam kemarin mendarat di Bandara International Minangkabau. Total yang sudah dipulangkan sebanyak 1.556 jemaah," kata Helmi, Jumat (21/7/2023).

Baca Juga: PPIH Susur Rumah Sakit di Arab Saudi Cari Jemaah Palembang Hilang

1. Kloter 04 pulang pada fase gelombang kedua

Lebih dari Seribu Jemaah Haji Dembarkasi Padang Sudah DipulangkanIlustrasi jemaah haji. (dok. Angkasa Pura I)

Helmi menjelaskan, khusus Kloter 04 merupakan jemaah perdana Debarkasi Padang yang dipulangkan dalam fase gelombang 2 dengan rute perjalanan pulang Madinah-Padang. Sementara untuk kloter 1 sampai 3 dipulangkan dalam gelombang 1 yang bertolak dari Bandara King Abdul Aziz, Jeddah.

"Sampai hari ini, Debarkasi Padang sudah memulangkan 4 kloter dari 17 kloter jemaah haji ke Tanah Air. Pemulangan jemaah haji ini sudah kita lakukan sejak 17 Juli di Asrama Haji Batang Anai Padang Pariaman. Tahun perdana kita fungsikan menyambut kedatangan jemaah haji,” ujar Helmi.

Baca Juga: PPIH Susur Rumah Sakit di Arab Saudi Cari Jemaah Palembang Hilang

2. Delapan kloter masih berada di Makkah

Lebih dari Seribu Jemaah Haji Dembarkasi Padang Sudah DipulangkanIlustrasi suasana di Kota Makkah, Arab Saudi (IDN Times/Umi Kalsum)

Helmi menambahkan, dari 13 kloter jemaah haji asal Ranah Minang, delapan kloter masih berada di Makkah, lima kloter juga sudah tiba di Madinah.

"Jemaah yang masih ada di Makkah akan didorong menuju Madinah secara bertahap satu kloter setiap harinya. Mereka akan dipulangkan ke Tanah Air melalui Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz Madinah," kata Helmi.

3. Sebanyak 29 jemaah Debarkasi Padang wafat

Lebih dari Seribu Jemaah Haji Dembarkasi Padang Sudah DipulangkanJabal Rahmah, Arafah, Makkah (IDN Times/Umi Kalsum)

Helmi menginformasikan, hingga kepulangan kloter 04 ini total jemaah Debarkasi Padang yang wafat di Tanah Suci ada sebanyak 29 orang. Dari 29 jemaah itu, 17 orang jemaah asal Sumbar dan 17 orang dari Bengkulu.

"Mereka dimakamkan di Makkah. Semoga mereka meraih haji yang mabrur. Kepada keluarga jemaah haji yang wafat, kami menyampaikan duka cita yang mendalam dan mendoakan yang terbaik. Semoga keluarga diberi ketabahan serta mengikhlaskan almarhum," tutup Helmi.

Baca Juga: Jemaah Haji Wafat 661 orang, Melebihi Musim Haji 2017 dan 2015

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya