Comscore Tracker

Lakukan 5 Hal Penting Ini Saat Merawat Sepatu di Musim Hujan 

Kotoran pada sepatu saat musim hujan harus cepat dibersihkan

Palembang, IDN Times - Musim hujan kerap menjadi hambatan jika sepatu yang dipakai terkena basah dan lumpur. Selain perlu dibersihkan, sepatu yang basah akan menimbulkan bau tidak sedap. Perawatan sepatu tidak bisa sembarangan hingga membutuhkan perhatian khusus. 

"Saat musim hujan sering sepatu kita basah terkena cipratan atau tetesan air. Jika tidak dibersihkan, sepatu bisa cepat rusak. Makanya perlu perawatan cepat agar sepatu tetap bersih dan awet," ungkap pemilik Shoes and Shine Palembang, Ahmad Rifqi kepada IDN Times, (26/11/2020).

1. Trik saat sepatu basah dan terkena kotoran

Lakukan 5 Hal Penting Ini Saat Merawat Sepatu di Musim Hujan Proses pembersihan sepatu yang kotor (IDN Times/istimewa)

Menurutnya, banyak orang yang salah dalam membersihkan sepatu setelah terkena kehujanan. Sepatu yang lembab tidak hanya cukup dikeringkan semata, perlu upaya ekstra agar sepatu tetap awet. Rifqi menilai, permasalahan sepatu yang basah akan diikuti kotoran yang menempel. Baiknya sepatu dibersihkan ketika lumpur telah mengering.

"Sepatu yang kena lumpur dan kotoran jika dibersihkan saat basah akan mengotori bagian sepatu yang bersih. Berbeda ketika dia dibersihkan ketika sudah kering, lumpur akan mudah dipisahkan dan pembersihan akan optimal," ungkap dia.

Baca Juga: Bikin Bangga! Brand Lokal Jadi Favorit di Urban Sneaker Society 2019

2. Disarankan lumpur dibersihkan setelah kering

Lakukan 5 Hal Penting Ini Saat Merawat Sepatu di Musim Hujan Proses membersihkan bagian dalam sepatu (IDN Times/istimewa)

Untuk membersihkan bekas lumpur, diperlukan upaya pembersihan menggunakan sikat kering. Pembersihan dapat dilakukan secara pelan-pelan agar tidak merusak bagian permukaan yang terkena lumpur.

"Barulah ketika dipastikan tidak ada lagi kotoran yang menempel dibersihkan dengan air dan sabun," jelas dia.

3. Jangan salah pilih sabun untuk membersihkan sepatu

Lakukan 5 Hal Penting Ini Saat Merawat Sepatu di Musim Hujan Proses pembersihan sepatu (IDN Times/istimewa)

Lalu untuk penggunaan sabun, Rifqi menyarankan dapat memakai sabun khusus sepatu yang memiliki kelembutan berbeda dari sabun biasa.

"Sebenarnya sabun itu untuk membersihkan bakteri yang ada di sepatu, makanya kalau hanya air ditakutkan masih ada bakteri yang menempel," tutur dia.

Kebanyakan orang salah menggunakan detergen untuk membersihkan sepatu dengan cara direndam. Cara itu sebenarnya tidak salah, hanya saja akan berdampak pada perubahan warna, tekstur bahan sepatu yang mengeras, merusak lem sepatu, dan mengubah warna midsole menjadi kekuningan.

"Kandungan chemical pada detergen tidak dikhususkan untuk sepatu. Apa lagi jika sepatu direndam bersamaan detergen bisa merusak sepatu," ujar dia.

4. Hair dryer tidak disarankan untuk mengeringkan sepatu

Lakukan 5 Hal Penting Ini Saat Merawat Sepatu di Musim Hujan Ilustrasi Sepatu (Pantofel) (IDN Times/Mardya Shakti)

Tak kalah penting, proses setelah pencucian sepatu dilakukan, menurut Rifqi jenis sepatu berbeda dalam proses pengeringannya. Untuk sepatu khusus yang berbahan kulit dan seude disarankan tidak dijemur di bawah terik matahari karena, akan merusak permukaan kulitnya.

Penggunaan hair dryer pula tidak baik untuk sepatu jenis apapun, karena suhu panas yang dihasilkan dapat membuat lem pada sol sepatu rusak.

"Saya sarankan pakai handuk tebal untuk mengeringkan bagian dalam sepatu dengan cara diremas. Cara itu dapat menyerap 40 persen air di dalam sepatu. Setelah itu proses pengeringan dapat dilakukan dengan dikipas," jelas dia.

5. Sepatu harus rutin disemprot saat udara lembab

Lakukan 5 Hal Penting Ini Saat Merawat Sepatu di Musim Hujan Shoes and Shine Palembang (IDN Times/istimewa)

Cara perawatan lain ketika sepatu sudah bersih, dengan melakukan penyemprotan dengan cairan khusus sepatu terutama di bagian dalam sepatu. Hal itu dilakukan untuk mencegah bakteri saat sepatu dalam keadaan lembab.

"Ini untuk perawatan saja, dilakukan minimal dua kali dalam seminggu agar sepatu kita tetap bersih dari bakteri," tutup dia.

Untuk mencuci sepatu, Rifqi membuka jasanya di Palembang, tepatnya Jalan Musi Raya Barat nomor 39, Kecamatan Sako. Untuk satu pasang sepatu dikenakan harga Rp25.000 hingga Rp99.000.

Baca Juga: Cerita Ahmad, Lulusan S2 yang Jadi Pengusaha Laundry Sepatu

Topic:

  • Rangga Erfizal
  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya